Perda Nyepi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Suasana kota Kuta, Bali pada hari raya Nyepi.

Perda Nyepi adalah sebuah peraturan daerah yang dijalankan di Provinsi Bali dalam rangka memuluskan jalan perayaan Nyepi oleh umat Hindu Bali. Perda tersebut tercantum dalam Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2003.[1] Perda tersebut mewajibkan warga Bali untuk tidak boleh menyalakan listrik dan api, tak mendengarkan musik, tak bepergian, tinggal di dalam rumah, serta usulan untuk tak menyalakan internet[2] dan tak melakukan siaran media massa.[3] Selain itu, bandara-bandara di Bali ditutup satu hari dan ratusan penerbangan menuju Bali ditiadakan selama perayaan tersebut.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://jdih.baliprov.go.id/produk-hukum/download/6512
  2. ^ "Pro dan kontra Bali sehari tanpa internet saat Nyepi". 7 Maret 2018. Diakses tanggal 2 Februari 2019 – via www.bbc.com. 
  3. ^ redaksi@beritabali.com. "Rayakan Sakralnya Nyepi, DPRD Bali Perjuangkan Larangan Siaran Media Massa - Beritabali.com". Beritabali.com - Informasi Terkini dari Bali. Diakses tanggal 2 Februari 2019. 
  4. ^ "Gaduh Toleransi Berpuasa, Pernah Nyepi di Bali?". Republika Online. 16 Juni 2016. Diakses tanggal 2 Februari 2019.