Perda Nyepi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suasana kota Kuta, Bali pada hari raya Nyepi.

Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2003 atau lebih dikenal dengan Perda Nyepi adalah sebuah peraturan daerah yang dijalankan di Provinsi Bali dalam rangka memuluskan jalan perayaan Nyepi oleh umat Hindu Bali.[1] Perda tersebut mewajibkan warga Bali untuk tidak boleh menyalakan listrik dan api, tak mendengarkan musik, tak bepergian, tinggal di dalam rumah, serta usulan untuk tak menyalakan internet[2] dan tak melakukan siaran media massa.[3] Selain itu, bandara-bandara di Bali ditutup satu hari dan ratusan penerbangan menuju Bali ditiadakan selama perayaan tersebut.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://jdih.baliprov.go.id/produk-hukum/download/6512
  2. ^ "Pro dan kontra Bali sehari tanpa internet saat Nyepi". 7 Maret 2018. Diakses tanggal 2 Februari 2019 – via www.bbc.com. 
  3. ^ redaksi@beritabali.com. "Rayakan Sakralnya Nyepi, DPRD Bali Perjuangkan Larangan Siaran Media Massa - Beritabali.com". Beritabali.com - Informasi Terkini dari Bali. Diakses tanggal 2 Februari 2019. 
  4. ^ "Gaduh Toleransi Berpuasa, Pernah Nyepi di Bali?". Republika Online. 16 Juni 2016. Diakses tanggal 2 Februari 2019.