Azkaban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Penjara Azkaban)
Lompat ke: navigasi, cari

Azkaban dalam serial Harry Potter adalah penjara Kementerian Sihir yang diperuntukkan bagi pelaku-pelaku kejahatan di dunia sihir, terutama dalam hal penggunaan tiga Kutukan Tak Termaafkan[1]. Penjara ini dikenal dengan penjara yang nyaris tidak bisa ditembus dan sulit melarikan diri darinya karena penjara ini dijaga ketat oleh dementor-dementor penghisap kebahagiaan dan berbagai macam kutukan-kutukan menyelimuti penjara ini. Menurut Remus Lupin, banyak narapidana Azkaban menjadi gila dan memutuskan berhenti makan atau bunuh diri atau mati perlahan karena kehilangan harapan. Penjara ini muncul pertama kali di Harry Potter ke 3 (Harry Potter and the Prisoner Of Azkaban) yang merupakan tempat tahanan Sirius Black, sahabat James Potter, ayah Harry Potter.

Penjara ini merupakan sebuah benteng yang berada di sebuah pulau di tengah-tengah samudera (disebutkan dalam Harry Potter ke-3). Namun, dalam Harry Potter and The Order of Phoenix, para dementor memutuskan memberontak terhadap Kementerian Sihir dan bergabung dengan Lord Voldemort. Hasilnya, beberapa Penyihir berbahaya seperti Bellatrix Lestrange berhasil kabur untuk bergabung kembali dengan tuan mereka[HP5][HP6]. Pada Harry Potter and The Deathly Hallows. Kementerian Sihir, di bawah rezim baru yang pro Voldemort, menggunakan penjara ini untuk menahan banyak sekali penyihir kelahiran-Muggle (di dunia kita, hal ini bisa disamakan dengan kamp konsentrasi Nazi Jerman). Di akhir cerita, orang-orang yang tidak bersalah dibebaskan dari Azkaban dan para Dementor tidak lagi digunakan sebagai penjaga Azkaban karena dianggap tidak manusiawi dan tidak dapat dipercaya kesetiaannya.

J.K Rowling pernah mengatakan bahwa Azkaban terinspirasi dari sebuah penjara keamanan-ketat di Amerika Serikat yang paling terkenal dan memiliki reputasi paling sulit untuk kabur, Alcatraz.

Beberapa orang yang pernah dipenjara di Azkaban diantaranya:

Referensi[sunting | sunting sumber]