Pemilih warna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tangkapan layar pemilih warna GTK+ 2
Tangkapan layar pemilih warna Qt.

Pemilih warna atau pipet warna adalah gawit antarmuka pengguna grafis, biasanya ditemukan dalam peranti lunak grafis atau daring, digunakan untuk memilih warna, dan dalam beberapa kasus, untuk membuat skema warna (pemilih warna mungkin lebih canggih daripada palet disertakan dengan program). Sistem operasi seperti Microsoft Windows atau macOS memiliki sistem pemilih warna, yang dapat digunakan oleh program pihak ketiga (misalnya Adobe Photoshop). [1] [2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Pemilih warna digunakan untuk memilih dan menyesuaikan nilai warna. Dalam perancangan grafis dan penyuntingan gambar, pengguna biasanya memilih warna melalui antarmuka dengan representasi visual suatu warna — disusun dengan dimensi rona, saturasi, dan kecerahan ( HSL ) yang relevan secara persepsi – alih-alih memasukkan nilai teks alfanumerik . Karena tampilan warna bergantung pada perbandingan warna tetangga (lihat penglihatan warna ), banyak antarmuka berupaya memperjelas hubungan antar warna.

Antarmuka[sunting | sunting sumber]

Alat warna dapat bervariasi dalam antarmukanya. Beberapa mungkin menggunakan penggeser, tombol, kotak teks untuk nilai warna, atau manipulasi langsung . Seringkali persegi dua dimensi digunakan untuk membuat rentang nilai warna (seperti kecerahan dan saturasi) yang dapat diklik atau dipilih dengan cara lain. Seret dan lepas, penetes warna, dan berbagai bentuk antarmuka lainnya juga biasa digunakan.

Biasanya, nilai warna juga ditampilkan secara numerik, sehingga nantinya dapat diingat dan dimasukkan dengan tepat, seperti tiga nilai 0-255 yang masing-masing mewakili merah, hijau, dan biru.

Penitis mata[sunting | sunting sumber]

Penitis mata adalah alat yang ada di sebagian besar pemilih warna dan perangkat lunak grafis yang memungkinkan pengguna membaca warna pada titik tertentu dalam gambar, atau posisi pada tampilan. Hal ini memungkinkan warna ditransfer ke aplikasi lain dengan sangat cepat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Feisner and Reed 2014, Chapter 5: "Digital Color Media and Technology", Glossary: "Color picker"
  2. ^ Bauer, Peter; Foster, Jeff (2002). Using Adobe Photoshop 7. Que Publishing. hlm. 209. ISBN 9780789727602.