Gawit grafis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
gtk3-demo, sebuah program untuk mendemonstrasikan gawit di GTK+ versi 3.

Gawit grafis (juga elemen kendali grafis atau kontrol) dalam antarmuka pengguna grafis adalah elemen interaksi, seperti tombol atau bilah gulir . Kendali adalah komponen perangkat lunak yang berinteraksi dengan pengguna komputer melalui manipulasi langsung untuk membaca atau mengedit informasi tentang suatu aplikasi. Pustaka antarmuka pengguna seperti Windows Presentation Foundation, Qt, GTK, dan Cocoa, berisi kumpulan kontrol dan logika untuk merekacitranya. [1]

Setiap gawit menyarana jenis interaksi pengguna-komputer tertentu, dan muncul sebagai bagian GUI aplikasi yang terlihat seperti yang ditentukan oleh tema dan direkacitra oleh mesin perekacitraan. Tema ini membuat semua gawit mengikuti desain estetika terpadu dan menciptakan rasa kohesi secara keseluruhan. Beberapa gawit mendukung interaksi dengan pengguna, misalnya label, tombol, dan kotak centang . Lainnya bertindak sebagai wadah yang mengelompokkan gawit yang ditambahkan ke dalamnya, misalnya jendela, panel, dan tab.

Penataan antarmuka pengguna dengan peralatan gawit memungkinkan pengembang menggunakan kembali kode untuk tugas serupa, dan menyediakan bahasa umum untuk interaksi kepada pengguna, menjaga konsistensi di seluruh sistem informasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Microsoft: Graphic elements". msdn.microsoft.com. Microsoft. Diakses tanggal 27 April 2015.