Pembunuhan Abraham Lincoln

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pembunuhan Abraham Lincoln
Bagian dari the American Civil War
Assassination of President Lincoln.jpg
Pembunuhan Presiden Lincoln (Currier & Ives, 1865), dari kiri ke kanan: Mayor Henry Rathbone, Clara Harris, Mary Todd Lincoln, Abraham Lincoln, dan pembunuh John Wilkes Booth
Lokasi Ford's Theatre, Washington, D.C.
Tanggal 14 April 1865; 152 tahun lalu (1865-04-14)
10:15 p.m. (Waktu Standar Timur)
Target
Jenis serangan
  • Pembunuhan politik
  • Penembakan
  • Penikaman
Senjata
Korban tewas
1 (Abraham Lincoln)
Korban luka
4
Pelaku John Wilkes Booth dan konspirator lainnya

Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke-16, dibunuh oleh John Wilkes Booth pada Jumat Agung, 14 April 1865, saat menghadiri drama Our American Cousin di Ford's Theatre, Washington, D.C., saat Perang Saudara Amerika menjelang akhir.[1] Pembunuhan tersebut terjadi lima hari setelah komandan Tentara Negara-negara Terkonfederasi|Konfederasi]] Tentara Virginia Utara, Jenderal Robert E. Lee, menyerah kepada Letnan Jenderal Ulysses S. Grant dan Tentara Potomac.

Lincoln adalah presiden Amerika ketiga yang wafat saat menjabat, dan yang pertama yang dibunuh.[2] Sebuah upaya gagal dibuat terhadap Andrew Jackson pada 30 tahun sebelumnya, pada 1835, dan Lincoln sendiri telah menjadi subyek dari sebuah upaya pembunuhan terdahulu oleh seorang penyerang tak dikenal pada Agustus 1864. Pembunuhan Lincoln direncanakan dan dilakukan oleh aktor panggung terkenal John Wilkes Booth, sebagai bagian dari sebuah konspirasi besar dalam sebuah tawaran untuk membangkitkan sebab Konfederasi

Para konspirator dari Booth adalah Lewis Powell dan David Herold, yang ditugaskan untuk membunuh Sekretaris Negara William H. Seward, dan George Atzerodt, yang ditugaskan untuk membunuh Wakil Presiden Andrew Johnson. Dengan menyingkirkan tiga orang papan atas dalam pemerintahan tersebut, Booth dan para konspiratornya berharap bisa mengganggu pemerintahan Amerika Serikat.

Saat Presiden sedang menonton drama, Booth menembak Lincoln dari belakang dengan jarak tiga atau empat kaki,[3] menyerangnya di bagian belakang kepalanya. Pada pukul 7:22 a.m. keesokan harinya, Lincoln wafat di Petersen House di seberang jalan dari teater tersebut.[4] Sisa rencana para konspiratornya gagal; Powell hanya melukai Seward, sementara Atzerodt, yang akan membunuh Johnson, hilang rimbanya dan kabur. Booth melakukan pelarian dramatis, yang menyebabkan pemburuan manusia yang berakhir dengan kematiannya. Beberapa konspirator lainnya kemudian diadili dan digantung. Pemakaman dan penguburan Abraham Lincoln menjadi masa berkabung nasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Good Friday, 1865: Lincoln's Last Day". The NHPR Staff. February 18, 2008. Diakses tanggal January 11, 2014. 
  2. ^ "Lincoln Shot at Ford's Theater". 
  3. ^ Abel, E. Lawrence (2015). A Finger in Lincoln's Brain: What Modern Science Reveals about Lincoln, His Assassination, and Its Aftermath. ABC-CLIO. p. 63. Diakses tanggal March 14, 2017. Forensic evidence clearly indicates Booth could not have fired at point-blank range. ... At a distance of three or more feet, the gunshot would not leave any stippling or any other resides on the surface of Lincoln's head. ... Dr. Robert Stone, the Lincoln's' family physician, was explicit: "The hair or scalp (on Lincoln's head) was not in the least burn[t]." 
  4. ^ Richard A. R. Fraser, MD (February–March 1995). "How Did Lincoln Die?". American Heritage 46 (1). 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "bishop" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "jampoler" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "goodwin" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "guelzo" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "harris" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "kauffman" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "kunhardtdorothy" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "kunhardtlincoln" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "larson" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "sandburg" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "serup" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "steers" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "swanson" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "vowell" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]