Pembicaraan:Wikipedia Indonesia

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Saya hanya ingin menerapkan Bhinneka Tunggal Ika di komunitas Wikipedia Indonesia (id:, jv:, su:, dan mungkin yang lainnya nanti yang bakal lahir) sehingga secara ideologis menjadi satu kesatuan, semuanya Indonesia tetapi masing-masing tetap otonom. Rasa kebersamaan dikalangan komunitasnya harus dibina mulai dari sekarang, toh sebagian dari kita sudah saling bantu gotong royong saling membina, artinya komunitasnya sudah mulai menyatu, terintegrasi, menurut saya itu sangat baik. Borgx membantu di jv:, Jagawana membantu juga di map-bms:, saya juga suka-suka ikutan di su: sehingga tidak berjalan sendiri-sendiri yang dapat berpotensi menonjolkan ego kedaerahannya, itu tidak baik. Entitasnya kita mulai saja dengan komunitasnya tetapi tidak dengan cita-cita mengintegrasikan Wikipedianya karena semakin banyak Wikipedia daerah yang tumbuh akan semakin baik, percayalah mereka tidak akan mengkerdilkan id: justru sebaliknya, dapat membuat id: sebagai Wikipedia bahasa nasional menjadi lebih lengkap dan besar, bahkan lebih baik bila bisa berperan sebagai kakak yang membina adik-adiknya. Hal diatas sebenarnya ada di tataran ideologi dan segala sesuatu yang ada di tataran ideologi itulah yang sejak kemerdekaan mampu menyatukan Indonesia. Jadi kepada pengusul untuk menghapus saya mohon mulailah menilai ini dari titik paham nasionalisme, untuk kepentingan bangsa lewat Wikipedia, salam Slamet Serayu 01:44, 20 Juni 2007 (UTC)

Bila salasan saya diatas diterima (artikel tidak dihapus) saya ingin mengusulkan agar artikel ini dapat disempurnakan sehingga menjadi dasar pola hubungan antara antara id:, su:, jv:, bug: dan lain-lain yang bakal lahir. Saya tidak bermaksud id: mengkooptasi atau mengakuisisi Wikipedia bahasa daerah, tetapi sekadar ikut menjaga agar tidak tumbuh mengecewakan. Slamet Serayu 02:56, 20 Juni 2007 (UTC)

Saling membantu di antara pengguna id, jv, su, map-bms dan mungkin ban dan mad tentu saja bagus, tetapi di sisi lain kita harus konsisten dengan aturan main di Wikipedia. Kalau menurut saya sih memang artikel ini berbau "tidak ensiklopedis" karena memang tidak ada yang namanya "Wikipedia Indonesia" (adanya Wikipedia bahasa Indonesia). Selain itu Wikipedia sendiri tidak menonjolkan negara melainkan bahasanya, jadi ada baiknya memang kita tidak memulainya (menonjolkan negara). borgx(kirim pesan) 03:05, 20 Juni 2007 (UTC)

Benar sekali Borgx, tidak ensiklopedis dan seharusnya tidak menonjolkan negara dan sebenarnya posisi pokok-pokok pikiran di artikel tersebut bukan disebuah artikel Wikipedia tetapi (mungkin) di "lembaga Wikipedia Indonesia", misalnya kita komunitas Wikipedia Indonesia memiliki payung sebuah organisasi atau apalah sebagai sarana untuk menerapkan pola hubungan antar Wikipedia Indonesia. Makanya saya katakan pokok pikirannya hanya ada di tataran alam idea karena saya menyadari hal itu tetapi tidakkah pokok-pokok pikiran itu penting untuk tampil? bila ya untuk saat sekarang dimana kira-kira tempatnya?

Mungkin tepatnya di situs web "Wikimedia Indonesia". Tetapi sekarang ini Wikimedia Indonesia belum eksis. Mungkin bisa ditampung di ruang nama Wikipedia dulu = Wikipedia:Wikipedia Indonesia? borgx(kirim pesan) 03:24, 20 Juni 2007 (UTC)

OK terserah dimanalah yang penting kita punya pegangan paling tidak "setengah formal" tentang pola hubungan id:, jv:, su: dll sehingga tidak sangat cair seperti sekarang juga dapat sedikit mencerminkan nasionalisme Indonesia. OK, saya setuju dihapus, Slamet Serayu 03:32, 20 Juni 2007 (UTC)

Boleh, boleh tetapi gimana supaya sajiannya ensiklopedis? Slamet Serayu 03:34, 20 Juni 2007 (UTC)

Oom Slamet, masalahnya jawabannya masih tetap tidak bisa karena tidak mungkin menulis hal yang ensiklopedis tentang sesuatu yang belum ada (merefer ke: Wikimedia Indonesia). Benar kata Borgx tampung aja dulu 03:50, 20 Juni 2007 (UTC)

Ya iya non, sementara di ditampung di Wikipedia:Wikipedia Indonesia, tapi nantinya bila Wikimedia udah online kan dipindahin kesana, tapi disana kan harus ensiklopedis juga, atau Wikimedia aturanya beda? bukan ensiklopedi ? Slamet Serayu 03:57, 20 Juni 2007 (UTC)

Oh kalo wikimedianya udah ada ya otomatis jadi ensiklopedis, tinggal cara nulisnya aja gimana. kemaren udah baca kok, udah bagus, tapi dihapus sama "mahluk penunggu disini" ya karena bentrok sama wikipedia bahasa indo. Serenity 04:27, 20 Juni 2007 (UTC)

He..he..he.. makhluk penunggunya Serenity kan?. Sebenarnya aku kurang pas sama judulnya "Wikipedia Indonesia", yang benar seharusnya "kelompok Wikipedia edisi bahasa Indonesia dan bahasa daerah di Indonesia serta dialek-dialeknya" tapi kan panjang banget, bisa singkat gak Ser ? Slamet Serayu 04:36, 20 Juni 2007 (UTC)

Lah kalau mo pake idenya Oom Revo kan namanya Wikipedia Bahasa Nusantara. Tapi kan ngga ada. Serenity 04:38, 20 Juni 2007 (UTC)

Iya ya masalahnya karena gak ada padahal sebenarnya ada sebagai sebuah kelompok. Hei, Kelompok Wikipedia Bahasa-Bahasa Nusantara itu bagus loh, lebih luas, sebagai sebuah rumpun, bisa buat media kerjasama Wikipedia regional ha..ha kejauhan ah. Slamet Serayu 04:52, 20 Juni 2007 (UTC)