Pembicaraan:Waria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Istilah wadam memang pernah ada dan dikenal, sejak akhir tahun 1960-an ketika ada usaha dari kaum "wadam" sendiri dan berbagai pihak lain untuk memperjuangkan eksistensinya, namun sejak tahun 1970-an akhir istilah ini diganti dengan waria (dari wanita-pria). Sebaiknya ada entri ini (mungkin malah dijadikan yang utama, karena ini yang lebih umum dipakai oleh kaum ini sendiri) di Wikipedia. Rujukannya dapat dibuat lebih terjabar: Laki-laki atau interseks yang mengatur penampilan, perilaku dan identitasnya sehingga lebih mirip perempuan, baik sehari-hari maupun pada situasi tertentu.

Link dengan Wiki Inggris[sunting sumber]

Saya menghapus link artikel ini dengan Kathoey, karena isi artikel sama sekali berbeda. Mohon untuk tidak membalikkan suntingan saya, tetapi melengkapi artikel yang ada. Saya condong untuk tidak menggabungkan artikel ini dengan Transseksual dengan pertimbangan istilah waria merupakan sebuah bahasa gaul dan tidak bersifat klinis. Sementara transeksual lebih memiliki pengertian klinis. Okkisafire (bicara) 1 Mei 2014 02.57 (UTC)

Untuk lebih jelasnya, lihat Templat:Identitas seksual. Pada bagian Identitas gender, subbagian jenis kelamin ketiga, terdapat daftar istilah2 yang digunakan berbagai negara untuk menyebut golongan transeksual. Saya berpendapat, artikel waria bisa dimasukkan ke dalam templat tersebut, serta dibuatkan artikel versi bahasa Inggrisnya sendiri. Tentunya setelah isi artikel ini cukup layak sebagai artikel yang ensiklopedis. Okkisafire (bicara) 1 Mei 2014 04.18 (UTC)