Pembicaraan:Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Perang Suntingan[sunting sumber]

Saya melihat adanya perang suntingan antara @Nashrul Hakiem: dan @Reza Tri Satria:, sehingga artikel perlu saya kunci terlebih dahulu. Silakan didiskusikan hal-hal yang menjadi permasalahan. Salam. Albertus Aditya (bicara) 25 Juni 2016 00.41 (UTC)

Tanggapan Reza Tri Satria

Mohon maaf pak @Albertus Aditya: atas ketidaknyamanannya, bapak @Nashrul Hakiem: membuat struktur penulisan artikel yang sudah saya susun dengan rapi selama lebih dari 4 tahun ini, menjadi berantakan dan tidak sesuai dengan buku pedoman resmi kampus. Banyak poin yang beliau hapus, ganti, dan ubah susunannya.

Artikel ini saya buat berdasarkan etika penulisan yang benar dan selalu saya kembangkan (Update) sejak 30 Maret 2012. Mohon bapak bisa memahami.

Semua sumber referensi saya ambil dari Buku Pedoman Akademik Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari tahun 2011-2015 (Tahun 2016 belum keluar). Sedangkan sumber gambar, ada yang saya ambil dari internet dan ada pula yang saya foto langsung di lokasi.

Terima kasih. Salam hormat.

Reza Tri Satria (bicara) 27 Juni 2016 06.11 (UTC)
Tanggapan Nashrul Hakiem
  • Major: Tidak ada FSDAL di Pedoman Akademik UIN Jakarta 2015/2016 maupun di situs resminya, jadi HARUS dihapus.
  • Minor/ Ethics: Keterangan tokoh Syarif Hidayatullah cukup singkat satu kalimat saja, kalau mau detil silakan kunjungi tautan halaman Syarif Hidayatullah. Silakan juga @Reza Tri Satria: sunting halaman Syarif Hidayatullah mengenai sejarah, perjuangan dll ttg Syarif Hidayatullah/ Sunan Gunung Jati di halaman tsb.
  • Others: very minor/ cosmetics.

Tq. (Nashrul Hakiem (bicara) 27 Juni 2016 06.54 (UTC))

Tanggapan Reza Tri Satria

Maaf baru bisa menanggapi, karena saya baru sempat buka Wikipedia. OK, saya sependapat mengenai penghapusan FSDAL (Karena dalam waktu dekat juga akan saya hapus), akan tetapi saya tidak setuju mengenai pengurangan informasi pada bagian penjelasan nama "Syarif Hidayatullah". Hal ini disebabkan karena penjelasan ini merupakan salah satu bagian penting dari informasi kampus (Anda bisa lihat di Pedoman Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakata Tahun 2015/2016 pada halaman 7). Penjelasan mengenai Syarif Hidayatullah ini sudah disusun sedemikian rupa oleh pihak kampus dengan tujuan untuk menyampaikan "Fundamental Principles" dari kampus ini. Bagian ini sangatlah penting karena berhubungan dengan identitas, visi, misi, moto, tujuan dan arah pengembangan dari kampus ini. Hal ini sama sekali tidak mengurangi peran dari halaman Syarif Hidayatullah. Karena halaman Syarif Hidayatullah itu tidak ada hubungannya dengan kampus ini. Sedangkan penjelasan asal mula nama "Syarif Hidayatullah" pada artikel ini merupakan esensi penting dan merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari informasi kampus ini. Saya memasukan penjelasan ini karena saya menyadari banyak Civitas Akademika kampus UIN Syarif Hidayatullah yang tidak memahami identitas dasar dari kampus ini. Oleh karena itu, penjelasan asal mula nama "Syarif Hidayatullah" diharapkan agar masyarakat luas dapat memahami identitas dasar dari kampus ini, sehingga dapat mengiring pembaca ke poin-poin penting kampus lainnya.

Saya kira ini adalah hal yang wajar terjadi di Wikipedia. Sebagai contoh, jika Anda mengamati pada halaman Daerah Khusus Ibukota Jakarta, pada bagian "Sejarah", di sana terdapat penjelasan singkat mengenai "Sunda Kelapa", "Jayakarta", "Batavia", dll. Penjelasan tersebut merupakan esensi, atau bagian penting, dari artikel DKI Jakarta. Sehingga tidak mengurangi peran dari artikel-artikel yang menjelaskan secara khusus nama-nama tersebut. Karena apabila masyarakat ingin mengetahui informasi detailnya silahkan kunjungi halaman Sunda Kelapa, Jayakarta, atau Batavia.

Untuk mengakhiri diskusi ini, saya menyimpulkan bahwa yang perlu disunting untuk artikel UIN Syarif Hidayatullah ini hanyalah pada bagian penghapusan FSDAL. Sehingga sisanya HARUS dibalikkan. Saya ingin artikel yang sudah saya susun dengan rapi selama lebih dari 4 tahun ini dapat kembali tampil rapi, menarik, dan tentunya "Up to date". Mohon bapak bisa memahami dan menghargai.

Untuk akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada Bapak @Nashrul Hakiem: dan Bapak @Albertus Aditya: atas responnya, saya sangat menghargai kerja bapak-bapak demi perkembangan Wikipedia ke arah yang lebih baik. Mohon maaf atas segala kekurangan. Salam hormat.

Reza Tri Satria (bicara) 5 Juli 2016 15.03 (UTC)