Pembicaraan:Tonjong, Brebes

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Kecamatan (Dinilai kelas Stub, Mid)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Kecamatan, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Kecamatan di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Rintisan  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas rintisan pada skala kualitas proyek.
 Menengah 
Cukup penting
 

Kecamatan Tonjong mayoritas adalah wilayah pertanian. Bagian utara (Kutamendala, Karangjongkeng, Pepedan, Tangeran, Linggapura dan Tonjong) didominasi pertanian basah (sawah irigasi), sedangan wilayah selatan (Galuhtimur, Kalijurang, sebagian Linggapura dan sebagian Tonjong) adalah pertanian darat (tegalan). Wilayah perdagangan terkonentrasi di pasar Linggapura, sebagian kecil di Tonjong prapatan, namun secara umum perdagangan masih menginduk ke Bumiayu sebagai sentra bisnis di Brebes selatan.

Pertanian beririgasi saat ini sudah mulai menurun dan terancam semakin sempit lahan yang meinkmati irigasi teknis. Gardu (wilayahn Kutamendala) misalnya, dulu sampai tahun 80-an sawah dapat ditanam 3 kali. Namun saat ini 2 kali sudah sangat bagus. Demikian pula wilayah Tonjong, sebagian Linggapura, dimana talang air di atas dudukan kini tidak berfungsi. Beberapa sebab mungkin adalah eksploitasi sumber air di lereng gunung Slamet untuk PDAM sehingga debit air sungai menurun. Demikian pula penggerusan dasar sungai karena ekploitasi tambang pasir dan batu, menyebabkan permukaan sungai semakin rendah dan tidak memungkinkan dibangun 'bendungan' atau mengangkat air ke saluran sawah. Pembuatan cek dam untuk menahan penggerusan belum terlihat. Kapan akan diperhatikan hal ini?

DI selatan dimana tanah pertanian adalah darat tegalan, sebenarnya bisa ditingkatkan dengan irigasi teknis apabila mampu menyalurkan aliran Kali Keruh di jembatan saka limalas dengan pipanisasi melalui depan stasun KA Talok lalu dialirkan ke kali Jurang. Hal ini akan meningkatkan debit kali Jurang yang akan bermanfaat untuk dua desa: Kalijurang dan Galuhtimur. JUga daerah Maribaya akan tertolong.

Kalijurang dan Galuhtimur terkenal sebagai penghasil mlinjo. Sayang, masih dijual mentah dan belum ada upaya serius meningkatkan nilai tambah produk ini. Padahal emping mlinjo harganya selangit.

Eksekutif camat dan Pemkab Brebes sudahkah memikirkan hal ini. Wallahu a'lam.

Tonjong, siapa peduli?[sunting sumber]

saya percaya linggapura akan menjadi kota kecil dengan perindustrian produksi yang bisa menyaingi kota besar, sebab transportasi ke pasar linggapura sangat lancar apalagi ditambah dengan adanya potensi industri yang berada dalam wilayah kecamatan tonjong yang mana mencakup wilayah beberapa kelurahan yang mempunyai lahan subur dan home industri salah satu contoh adanya home industri pembuatan gula merah di galuh timur maupun di barupring industri-2 ini bisa cepat perkembangnya apabila ada wadah dalam penyaluran atau ada badan koperasi .

Dilain hal di daerah balapusuh pernah ada riset pembuatan turbin untuk menyuplai kebutuhan listrik kita bisa memanfaatkannya bekerja sama dengan tekhnik Kelistrikan UGM maupun UNSUD.sehingga kebutuhan listrik kec.Tonjong Insyaallah bisa tercukupi.

salam persahabataan www.nauffal.multiply.com. "wahid alfin" asli linggapura timur ( PORLIT ) sekarang tinggal di jember-Jawa timur

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Tonjong, Brebes that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 19 Oktober 2023 21.03 (UTC)[balas]