Pembicaraan:Tionghoa

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Tiongkok (Dinilai kelas C, Top)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Tiongkok, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Tiongkok di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 C  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas C pada skala kualitas proyek.
 Sangat tinggi 
Sangat penting
 

Beberapa komentar[sunting sumber]

Pengguna:69.88.3.179 pada 12:24, 22 Agustus 2005 menambahkan informasi berikut:

1. Akibat tekanan rejim Orde Baru, banyak dari antara orang Tionghoa telah menanggalkan nama aslinya dan menggunakan nama-nama lokal, meskipun secara diam-diam masih memakainya untuk kegiatan di kalangan mereka. Namun seiring dengan terjadinya Reformasi, tanpa rasa takut mereka kembali menggunakan nama Tionghoa mereka, meskipun masih banyak yang enggan memakainya kembali.
2. Berdasarkan agama yang dianut, sekitar 90% dari populasi Tionghoa di Indonesia masih menganut agama kepercayaan yang dibawa sejak merantau dari negeri China, 8%nya telah dibaptis menjadi Katolik Roma, Kristen Protestan, ataupun aliran Kristen lainnya, 1% telah menjadi Muslim. Dan 1% sisanya diperkirakan menganut agama lain selain agama yang disebut di atas.

ad 1. Rezim Orde Baru setahu saya hanya menganjurkan atau menyarankan (meski mungkin dengan menekankan) untuk menggunakan nama-nama Indonesia dan tidak memaksa. Ataupun kalau memaksa secara halus. Walaupun begitu masih banyak warga keturunan Tionghoa yang tetap memakai nama-nama Tionghoa, bahkan tidak secara diam-diam. Kalaupun sudah memakai nama Indonesia/Islam masih banyak pula pada papan-papan nama seringkali ditulis nama dalam dua 'versi'. Misalkan tertulis nama: "Sudono Salim (Liem Soei Liong). Notaris. bla bla bla". Selain itu keengganan memakai nama Tionghoa itu bisa pula karena sudah kebiasaan atau mungkin menjadi bagian dari identitas diri pula memakai nama Indonesia. Banyak migran2 dari Indonesia yang keturunan Tionghoa masih memakai nama Indonesia meski sudah di luar negeri dan pihak luar negeri memberikan kesempatan untuk menggunakan nama Tionghoa. Hal ini mungkin mirip dengan anggota komunitas Yahudi Ashkenazim yang sering memakai nama berbau Jerman meski tidak tinggal di Jerman.

ad 2. Kelihatannya data ini berhubungan dengan penduduk Tionghoa di Malaysia dan Singapura. Sebab saya pernah membaca, meski sumbernya saya tidak tahu, bahwa di Indonesia warga keturunan Tionghoa yang menganut agama Kong Hu Cu atau Buddha berjumlah sekitar 40%, dan sisanya menganut agama Kristen dan Islam. Sementara penganut agama Islam berkisar antara 5% - 10%.

Meursault2004 14:33, 23 Agustus 2005 (UTC)

ad 1. Dari yang saya dengar, ada beberapa penjelasan

  1. Penggunaan nama Indonesia lebih dipilih karena takut dalam hal birokras dipersulit
  2. Hubungan kerabat atau keturunan. Imigran dari Tiongkok ada yang sudah berabad-abad tiba di Indonesia dan banyak pula yang hanya puluhan atau hanya beberapa tahun saja.

ad 2. Kalau tidak berdasarkan dari sumber2 tertentu, mungkin bisa meminta sang penulis menulis sumbernya, atau dicari sendiri, atau bagian tersebut dihilangkan. roscoe_x 14:45, 23 Agustus 2005 (UTC)

Tanggapan[sunting sumber]

Maaf, saya bikin sub-judul baru supaya tidak membingungkan.

1. Masalah ganti nama adalah berupa "penghimbauan", tidak ada paksaan. Namun karena ada kekuatiran akan penyulitan urusan birokratif, maka banyak orang Tionghoa yang mengganti namanya secara "sukarela". Jadi, Bung Roscoe dan Bung Mersault benar.

Ini sebenarnya ada sejarahnya, pihak Tionghoa pro-asimilasi menganggap bahwa penghilangan seluruh unsur ke-tionghoa-an adalah jalan satu2nya dalam memecahkan masalah Tionghoa di Indonesia. Ganti nama adalah salah satu dari program mereka dalam mendorong asimilasi, beberapa waktu setelah peristiwa anti Cina pasca G30S, Sindhunata, seorang tokoh pro-asimilasi mendorong agar orang Tionghoa mengganti namanya. Tindakan ini kemudian dikecam oleh Yap Thiam Hien yang menganggap ini sebuah tindakan yang ridiculous, karena ganti nama tidak berarti seseorang akan berubah warna kulit atau ras-nya. Jadi, ini sebenarnya adalah salah satu langkah politis golongan Tionghoa pro-asimilasi dan Tionghoa pro-integrasi yang memang telah berseberangan sejak lama. Cuma kebetulan kaum pro-asimilasi di atas angin pasca G30S dan di masa Orba setelahnya. Rinto Jiang 16:27, 23 Agustus 2005 (UTC)

2. 90% ini tidak berdasar, karena tidak ada pendataan statistik suku Tionghoa di Indonesia. Data resmi statistik yang menyatakan bahwa jumlah Tionghoa sekitar 3-4% adalah didata berdasarkan agama dan SBKRI yang dikeluarkan. Namun ini perkiraan kasar karena masih banyak orang Tionghoa WNA, stateless yang tidak terdata sama sekali. Saya kira dihapus saja kalau tidak ada referensi yang kuat. Rinto Jiang 16:27, 23 Agustus 2005 (UTC)

Saya edit di paragraf pertama, sebutan tionghua bukan hanya untuk orang cina di indonesia, tapi untuk semua orang cina yang lahir dan menetap di luar cina, jadi sebutan tionghua itu umum. Trims Kungkang (bicara) 31 Januari 2012 05.19 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Tionghoa that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 19 Oktober 2023 17.21 (UTC)[balas]

Komentar[sunting sumber]

Paragraf atas banyak membicarakan tentang istilah Tionghoa dalam bahasa Indonesia bukannya menjelaskan definisi etnis Tionghoa secara umum secara global. Illchy (bicara) 22 Oktober 2023 04.29 (UTC)[balas]

Perbedaan Tiongkok dan Tionghoa[sunting sumber]

Sepertinya seksi Perbedaan Tiongkok dan Tionghoa itu cuma opini si kontributor ya. Padahal istilah Tiongkok dan Tionghoa bisa dijelaskan dengan mudah: Tiongkok adalah nama negara serta peradabannya, dan Tionghoa adalah bentuk adjektiva yg berarti segala sesuatu yg ada kaitannya dengan Tiongkok. Illchy (bicara) 23 Februari 2024 12.16 (UTC)[balas]