Pembicaraan:Tata Surya

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mantan artikel pilihan Artikel ini adalah mantan artikel pilihan. Silakan lihat halaman nominasi awalnya (untuk artikel lama, lihat arsip nominasi) dan alasan pembatalannya.
ProyekWiki Menrva (Dinilai kelas A, Top)
Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Menrva, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas artikel-artikel Menrva di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 A  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas A pada skala kualitas proyek.
 Sangat tinggi 
Sangat penting
 

Saya lagi iseng2 baca halaman sembarang, eh muncul Tata surya, trus iseng2 lagi baca Bima Sakti. Di Tata surya, dikatakan tata surya kita sudah mengelilingi pusat galaksi sebanyak 18 kali, tapi di Bima Sakti dikatakan sudah 25 kali, mana yg benar? --Erdinal 13:18, 18 Juli 2007 (UTC)

Menurut en:Milky Way, tata surya sudah mengelilingi pusat galaksi sebanyak 20-25 kali. Teks artikel ini sudah dikoreksi menurut referensi tersebut. sentausa 09:00, 19 Juli 2007 (UTC)

Tata Surya --> huruf "s" dalam "surya" adalah kapital[sunting sumber]

Pembaca yang budiman, Tata Surya adalah sebuah nama diri/tempat, jadi aturan penulisannya "t" dan "s" di awal kata haruslah huruf besar. Salam geboy (bicara) 18:09, 22 Oktober 2008 (UTC)

catatan terjemahan[sunting sumber]

status entri minggu pertama April. Bagian yang sudah ada nomor referensinya, adalah bagian yang a) terjemahan, pranala, dan berbagai kelengkapanya sudah saya periksa. b) nggak akan saya utak-utik lagi. c)terjemahan persis dari versi inggris. Alias: entri bentuk akhir saya.

bagian-bagian yang belum diberi referensi == belum diperiksa cacatnya. --Jwidjaja (bicara) 05:56, 4 April 2009 (UTC)

gak tau Bang aadd (bicara) 18 Februari 2021 10.41 (UTC)[balas]

Artikel pilihan[sunting sumber]

Ada yang mau bantu mempermak artikel ini agar patut jadi artikel pilihan? Saya akan coba copyedit. Gombang (bicara) 07:48, 27 September 2009 (UTC)

Saya bantu menyunting sedikit paragraf pembukanya, biar sesuai bentuk yang umum. Mengenai jarak-jarak planet, apakah perlu sekali dicantumkan di paragraf pembuka? Menurut saya kelihatannya akan lebih elok dan rapi kalau dimasukkan di badan artikel saja. Ada pendapat? Salam, Naval Scene (bicara) 06:26, 13 Oktober 2009 (UTC)

Ayo, sebelum ditayangkan sebagai artikel utama, bantu menghabiskan pranala merahnya dulu! Salam, Naval Scene (bicara) 02:20, 15 Oktober 2009 (UTC)

Standarisasi[sunting sumber]

Mana yang lebih baik dipakai di artikel ini, Obyek Sabuk Kuiper atau Objek Sabuk Kuiper?. Naval Scene (bicara) 04:41, 21 Oktober 2009 (UTC)

Perbedaan ini disebabkan peralihan rujukan penyerapan dari bahasa Belanda ke bahasa Inggris. Dulu KBBI menyebut yang benar adalah subyek, obyek, dan proyek (dari bhs Belanda). Kini mereka menyebut subjek, objek, tapi tetap proyek :) IMHO, kita merujuk saja pada KBBI: objek.
Setuju, sesuai KBBI saya akan standarkan di artikel ini jadi objek. Salam, Naval Scene (bicara) 04:33, 28 Oktober 2009 (UTC)

Jupiter atau Yupiter? Saya sih lebih sreg yang pertama, biar mirip istilah Planet jovian. Komentar? Naval Scene (bicara) 11:13, 27 Oktober 2009 (UTC)

Ini pernah dibahas di suatu tempat, tapi saya lupa di mana :) KBBI menyebut Yupiter, tapi coba nanti hari Jumat saya tanyakan Geboy bagaimana pendapat kalangan astronom. Untuk sementara, IMHO, ikuti KBBI. •• ivanlanin 12:46, 27 Oktober 2009 (UTC)

Diskusi mengenai istilah Jupiter/Yupiter dapat dilihat di Pembicaraan:Yupiter. Salam geboy 21:09, 27 Oktober 2009 (UTC)

Karena di diskusi di atas belum ada kata putus juga, maka untuk artikel ini saya standarkan saja sesuai KBBI, yaitu Yupiter. Salam, Naval Scene (bicara) 04:33, 28 Oktober 2009 (UTC)

Hehehe... mengenai istilah Jupiter/Yupiter, setelah tanya sesama rekan astronom, ternyata mereka juga ada 2 kubu. :-p Salam geboy 16:48, 29 Oktober 2009 (UTC)

Pendapat pribadi: dalam bahasa latin, ejaannya adalah Iuppiter. Jadi, ya ke Yupiter. Kembangraps (bicara) 17:53, 29 Oktober 2009 (UTC)

Kecepatan rotasi planet kok tidak di bahas ya? perbedaan kecepatan antar planet gak di ungkit dengan penybabnya

Mengenai definisi Tata Surya[sunting sumber]

Beberapa buku teks astronomi mendefinisikan Tata Surya bukan sebagai kumpulan benda langit melainkan sebagai sebuah daerah yang dipengaruhi oleh Matahari, entah itu gravitasinya, angin surya, atau pun cahayanya. geboy 21:21, 27 Oktober 2009 (UTC)

Setuju diganti. Kalau bisa Bung geboy menambahkan referensinya, maka definisi di artikel ini kita ganti saja. Hidup Wikipedia. Salam, Naval Scene (bicara) 04:16, 28 Oktober 2009 (UTC)

Dikembangkan oleh Jwidjaja; Sejak diusulkan menjadi AP hingga diterima sebagai AP, artikel ini telah diperbaiki secara signifikan sebanyak puluhan kali (link) dan sejak diterima dan ditampilkan di Halaman Utama masih terus dikembangkan dan diperbaiki (link). Hebat! Ini boleh dibilang AP yang paling berhasil, paling tidak dilihat dari respon penyunting-penyuntingnya.
Bennylin
13:40, 31 Oktober 2009 (UTC)

Isi Halaman[sunting sumber]

Ngomong-ngomong kok pembukanya jadi tentang komputer yah? Nicholas Michael Halim (bicara) 1 September 2019 00.47 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Tata Surya that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 18 Oktober 2023 16.02 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (November 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Tata Surya that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 18 November 2023 07.33 (UTC)[balas]