Pembicaraan:Tari Saman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Saman dalam kehidupan masyarakat Gayo Lues, selain berfungsi sebagai hiburan juga berfungsi sebagai alat pemersatu, hal ini dapat diamati dari munculnya sistem kekerabatan baru dalam pranata sosial masyarakat gayo Lues, Istilah "berserinen" merupakan salah satu sistem itu, serinen artinya bersahabat, bila ada peringatan maulid , israk mikraj, hari raya haji, di kab Gayo Lues, maka setiap desa akan menyelenggarakan malam hiburan saman, dengan mengundang kelompok sman dari desa lainnya,

Salah Besar[sunting sumber]

Harap diperhatikan dengan sebaik-baiknya! Isi dari artikel sudah salah besar! Tari yang sekarang sangat terkenal di Indonesia dan bahkan mungkin di dunia, bukanlah tari Saman, melainkan tari Rateb Meuseukat. Harap tidak dikacaukan antara tari Saman dengan tari Rateb Meuseukat. Memang saat ini sudah terjadi kekacauan dalam masyarakat kita yang menyebut tari Rateb Meuseukat sebagai tari Saman. Tari Saman milik suku Gayo, sedangkan tari Rateb Meuseukat milik suku Aceh (silakan buka Marzuki Hasan). Perbedaan lainnya, tari Saman tidak pernah ditarikan oleh perempuan karena gerakan-gerakannya yang keras.

Gambar yang ditampilkan pun bukanlah gambar tari Saman, melainkan gambar tari Rateb Meuseukat. Si Gam Acèh 04:17, 26 Juni 2008 (UTC)

édit aja Azmi 04:45, 26 Juni 2008 (UTC)

Saya sudah coba sunting, tapi dibatalkan oleh Borgx!!! Si Gam Acèh (bicara) 04:24, 25 Agustus 2008 (UTC)

Ya, ngeditnya pelan-pelan aja. Kalau memang kesalah-kaprahannya lebih umum dari yang benar, dijelaskan.
Yang saya lihat artikelnya untuk tari Rateb Meuseukat (duh namanya susah banget) sudah bagus, jangan lalu dihapus dan diganti dengan tari saman. Saya tidak tau, jadi tidak akan ikut-ikutan menyunting, saran saya dipindahkan dahulu judulnya ke Rateb Meuseukat, masukkan referensinya. Lalu di peralihannya tari saman dimatikan dan diedit pelan-pelan, diberitahu bahwa sering tertukar dengan tari satunya lagi, jadi dua artikel ini saling menguatkan - saling tertukarnya. Trus, foto GFDL yang lebih keren dinantikan... Serenity (bicara)