Pembicaraan:Suku Miao

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kalau menyangkut etnik yg sama, mengapa harus ada dua artikel? Contoh: Orang Badui dan Orang Kanekes juga menyangkut kelompok yg sama, dan artikelnya hanya satu. Kembangraps 08:27, 2 Juni 2008 (UTC)

Sebab Suku Miao atau Hmong terbagi ke dalam dua kawasan. Di Tiongkok disebut Miao, sedangkan di Asia Tenggara (umum juga oleh orang barat) disebut Hmong. Orang Miao di RRT berada dalam batasan hukum sbg warga RRT (minzu), sedangkan Hmong kenegaraannya terbagi2 berdasar negara masing2.Taman_renyah 08:30, 2 Juni 2008 (UTC)

Jadi, Suku Minang yang ada di Sumbar dan yang ada di Negeri Sembilan perlu dibuat artikel yg berbeda? Orang Basque yang ada di Spanyol dan yg ada di Prancis perlu dibuat artikel yg berbeda? Orang Han yang di Tiongkok Daratan dan yang ada di Singapura dibuat artikel yang berbeda? Bukankah Miao itu sebutan dalam bhs Mandarin utk Hmong? Kembangraps 14:54, 3 Juni 2008 (UTC)

Boleh-boleh saja dibuat seperti itu. Malah rasanya perlu sekali untuk menambah referensi kita. Bukankah di wikipedia en ada artikel Han Chinese (Orang Tionghoa 'totok') sama Chinese Singaporeans (Tionghoa Singapura) atau Tionghoa Indonesia? Atau artkel Bangsa Korea sama Etnis Korea di AS atau di RRT juga ada.Taman_renyah 02:49, 4 Juni 2008 (UTC)

Hehe.. <ngotot mode> borgx(kirim pesan) 23:13, 6 Juni 2008 (UTC)