Pembicaraan:Perbankan syariah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sistem perbankan syariah[sunting sumber]

Menurut saya apa yang dinamakan sistim perbankan syariah, bukanlah sebuah sistim perbankan Islam tetapi sebuah sistim perbankan konvevsional yang mengubah sistim bunga menjadi sistim jual beli dan bagihasil. Sebuah kegiatan ekonomi Islam harus bersumbae pada ekonomi Islam yang hanya bersumber pada Al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad, bukan bersumber pada sistim ekonomi konvensional. Mengapa dikatakan bukan sistim perbankan Islam, karena summber acuannya yaitu ekonomi Islam itu belum ada. Yang ada baru berupa sinyalemen, yaitu ciri ciri, perbandingan dengan ekonomi konvensional, sehingga sosok Ekonomi Islam itu tidak jelas atau dapat dikatakan belum ada kesepakatan kita apa itu sosok Ekonomi Islam. Kondisi ini sangat berbahaya manakala sistim perbankan syariah ini, sudah mengklaim sebagai ekonomi Islam. Lihat Festival Ekonomi Syariah yang diadakan oleh Bank Indonesia, isinya perbankan melulu, yang merupakan bank konvensional yang mengubah sistim bunga menjadi sistin jual beli dan bagihasil dan masih mem"bench mark" bank konvensional.– komentar tanpa tanda tangan oleh 202.70.61.6 (bk).

Perbankan Konvensional[sunting sumber]

Perbankan Kovensional memuat unsur riba yang mana itu DIHARAMKAN menurut Syariat Islam, sedangkan Perbankan Syari'ah menggunakan konsep jualbeli yaitu konsep suka sama suka, Karena didalam Al-Qur'an pada Surah Al-Baqarah: 275, Allah Ta’ala berfirman:

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

“Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” [Al-Baqarah: 275]

Apakah sudah jelas Perbankan Konvensional menggunakan unsur riba? yakni seperti sistem bunga? dan apakah itu adalah sifat kekikiran oleh Pengusaha Bank Konvensional? apakah para Nasabah tidak merasa rugi karena adanya sistem tersebut? Makanya, untuk Nasabah Bank Konvesional agar melakukan perbandingan antara kedua Sistem Perbankan tersebut Bukannya langsung memberikan pendapat dengan pikiran yang sudah dibolak-balikkan! 120.188.82.182 13 Januari 2017 09.11 (UTC)Cozy120.188.82.182 13 Januari 2017 09.11 (UTC)

Mengingat bahwa Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia, silakan berikan rujukan atas pendapat anda tersebut dan kemudian suntinglah artikel ini. Pendapat tanpa rujukan tidak dapat dimasukkan pada artikel, sebab tidak ilmiah dan tidak ensiklopedis. Salam dan tetap semangat, Naval Scene (bicara) 18 Desember 2011 11.41 (UTC)