Pembicaraan:Pamotan, Rembang

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Harapan Tentang Tata Kota,[sunting sumber]

Pamotan adalah tergolong kota kecil yang lama untuk berkembang seperti halnya kota-kota lain di Indonesia, padahal sumber daya alam dan keindahan daerah adalah merupakan aset terbesar di daerah ini. Penulis sering kali berjalan-jalan untuk memastikan apa sih kira-kira kendala terbesarnya sampai -sampai daerah ini seolah-olah hanya diam di tempat saja, dan hanya merasa dimiliki warga masyarakat Pamotan saja. Mungkin sudah saatnya pemerintah daerah juga mulai memikirkan tentang sarana-sarana terpenting yang dibutuhkan di kota ini, trotoar misalnya... akan lebih indah rasanya apabila sepanjang tepi jalan raya dibatas lagi dengan trotoar yang baru seperti halnya di kota Rembang dan kota Lasem, apalagi masjid Agung hampir selesai masa pembangunannya tentu kota Pamotan akan terlihat sangat rapi dan menarik di hati para penduduk dan juga para pendatang yang sempat singgah di kota ini sambil menikmati masakan khas di kota Pamotan.

Sekilas Tentang Pamotan[sunting sumber]

Pamotan adalah sebuah kota kecil di kabupaten rembang yang memiliki beberapa bangunan bersejarah semasa pemerintahan belanda, misalnya : ada 3 cerobong asap sisa pembakaran pabrik keramik milik pemerintah belanda yang kini masih ada. dua diantaranya masih utuh dan yang satu sudah patah. dan ketinggian cerobong asap tersebut kurang lebih 100 m, shg jika di lihat dari jauh seakan bangunan yg berdiameter 10 m tsb merupakan bangunan paling tinggi di pamotan. jika pembaca menyempatkan diri datang di pamotan bisa datang dan melihat secara langsung menara (kustin)tsb yang sampai saat ini tidak begitu terawat, kami mengharapkan kepada pemerintah daerah kabupaten rembang untuk bisa menjadikan kawasan pembakaran kapur tsb menjadi tempat pariwisata yang bisa menghasilkan devisa untuk pemerintah daerah setempat, dan mampu membudidayakan tenaga kerja dari putra-putri daerah kab rembang, serta mengankat citra daerah kab rembang menjadi salah satu tujuan wisata bersejarah

Informasi tentang Sumberdaya Alam dan Fasilitas kota[sunting sumber]

Pamotan juga merupakan daerah penghasil berbagai bahan tambang yang banyak dikirim ke luar daerah. Bahan-bahan tambang tersebut antara lain adalah kapur, posphat, kalsit dan andesit. Di Pamotan sekarang terdapat sedikitnya 5 pabrik penggilingan batu andesit dan 2 penggilingan batu kalsit, produknya dikirim ke berbagai kota di Jawa. Banyak potensi ekonomi yang bisa digarap di Pamotan, namun belum banyak investor yang mengetahui potensi ini, sehingga investor yang masuk baru pada 7 perusahaan tersebut di atas. Fasilitas penunjang kegiatan bisnis juga sudah tersedia di Pamotan, mulai dari jaringan PLN, telepon (seluler maupun Telkom), air, jalan raya, supermarket dan SPBU.