Pembicaraan:Nusantara

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nusantara itu seharusnya merujuk kepada Dunia Melayu (Malay World), maka itu termasuklah Semenanjung Malaysia, Patani di selatan Thailand dan Champa di Vietnam. Malahan, didalam Sumpah Palapa, Gajah Mada bersumpah untuk menyatukan Nusantara dan beliau memasukkan negeri Pahang di Malaysia sebagai sebahagian daripada Nusantara.141.213.240.242 00:28, 9 Februari 2006 (UTC)

Konsep Dunia Melayu sudah dibahas di bawah subjudul "Penggunaan modern", meski tidak menghitung Vietnam. Hayabusa future 04:46, 9 Februari 2006 (UTC)

Konsep Alam Melayu berbeda dengan konsep Nusantara. Selain itu konsep Alam Melayu juga terlihat lebih etnosentris sementara konsep Nusantara artinya selain etnosentris bisa politik dan linguistik. Meursault2004 23:42, 9 Februari 2006 (UTC)

Mohon merefer kepada konsep "wawasan nusantara" dimana yang dimaksud dengan nusantara bukanlah wilayah asia tenggara, namun seluruh wilayah indonesia dari sabang sampai meroeke. Indonesia secara mutlak berhak atas terminologi nusantara karena majapahit, kerajaan yang memiiki konsep nusantara, adalah nenek moyang bangsa indonesia.

Mohon analisisnya bahwa konsep alam melayu berawal dari konsep "malay archipelago" dari bangsa penjajah. "malay archipelago" sebenarnya merujuk pada daerah penyebaran rumpun bahasa austronesia. Kesalahan lainnya adalah menyamakan rumpun austronesia dengan b. melayu. b. melayu sendiri merupakan sub dari bahasa austronesia sama seperti bahasa jawa, papua, maluku, dll. Selain itu terdapat perbedaan sejarah antara Nusantara dan "malay archipelago". Kata nusantara murni budaya indonesia sedangkan kata malay archipelago berasal dari penjajah, mari kita kembali merujuk pada dasar dari dikenalkannya konsep "Nusantara" oleh Dr. Setiabudi yaitu memberi nama bagi wilayah indonesia yang tidak memiliki unsur bahasa asing (india) – komentar tanpa tanda tangan oleh Itemboleh (bk) pada 02:06, 6 November 2007.

Boleh-boleh saja ditambahkan tapi mohon jangan mempolitisir istilah ini. Meursault2004ngobrol 08:06, 6 November 2007 (UTC)
"Malay archipelago" berasaskan penutur yang bertutur keluarga bahasa yang sama. In terms of the demography of this region, people are predominantly from Austronesian subgroupings (with the exception of Singapore), and all correspondingly speak western Malayo-Polynesian languages. Rencana ini lebih bersifat pandangan pribadi, kurang pantas sebagai ensiklopedia. Yosri 13:29, 26 Juni 2008 (UTC)
Yup, paragraf terakhir memang lebih bersifat opini dan harus dirombak. Gombang 12:07, 27 Juni 2008 (UTC)
Tapi di mana dalam kalimat itu yang menyatakan bahwa konsep "Malay Archipelago" dan "Nusantara" itu adalah merupakan hal yang sama, Saudara Yosri? Ok, saya mengakui bahwa istilah "Malay Archipelago" ada digunakan dalam literatur berbahasa Inggris, tetapi bagaimana dengan "Nusantara"? Bhaskara (bicara) 05:05, 30 November 2009 (UTC)

Saya tidak mengerti artikel ini boleh dimasuki POV Malaysia tanpa rujukan, tp POV Indonesia tdk boleh dan malah dianggap politis. Padahal ini Wikipedia Indonesia.

Menurut KBBI pengertian nusantara adalah "sebutan (nama) bagi seluruh wilayah kepulauan Indonesia". Kita juga memiliki Wawasan Nusantara. Dalam bahasa sehari-hari org Indonesia selalu menyamakan "nusantara" dengan "Indonesia". Diperiksa lewat googling pun bisa.

  • Org ngomong "Salam buat seluruh alumni STAN di seluruh Nusantara dari Sabang sampai Merauke", tentu saja tidak merujuk pd org2 di Malaysia, Brunei, Singapura, dst.
  • Iklan "Dicari mitra dealer seluruh nusantara (terutama sekitar, Kalimantan, Sumatra,maluku, sulawesi)" juga jelas tidak mencari mitra di Malaysia, Selatan Thailand, Selatan Filipina, dst.
  • Apakah kalimat "TEBAR 1001 HEWAN QURBAN DI SELURUH NUSANTARA" berarti mereka menyumbang buat fakir miskin di Malaysia, Brunei, Singapura, dst?
  • "Selera Nusantara, 1010 Resep Asli Masakan Indonesia" enuff said.
  • Bahkan acara seperti "Negeri Tercinta Nusantara" juga hanya membahas provinsi2 di Indonesia.
  • Masih byk lg contoh lain sih, tp yg jelas tanya ke diri masing2 dan org2 di sekitar kt saja. Kalau mereka memakai kata "nusantara", biasanya yg mereka maksudkan apa? Rasanya tidak akan ada yg menjawab "Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, kepulauan selatan Filipina, neger-negeri selatan Thailand seperti Pattani dan sekitarnya dst".

The truth is, yang mempergunakan "nusantara" dlm sense semacam itu hanya org Malaysia (terlihat dari penyunting yg bersikeras dgn sudut pandang tsb). Karena bagi mereka, Nusantara = Melayu. Makanya perbuatan Malaysia mengklaim budaya dari Nusantara itu wajar saja, karena toh Nusantara itu ya Melayu juga. Saya nggak bilang ini bener atau salah, lho. Cuman harus diakui inilah sudut pandang Malaysia dan alasan di balik kejadian2 yg terjadi di antara Indonesia dan Malaysia kahir2 ini.

Tp saya tdk ekstrim jg, saya rasa sudut pandang org Malaysia dlm menyamakan konsep "nusantara" dan apa yg mereka sebut "kepulauan melayu" itu sah2 saja dimasukkan sebagai info tambahan. Tp tdk sbg topik utama spt yg ada skrg. Terserah mereka sih kalau mereka mau meminjam istilah itu dari perbendaharaan kata Bhs Indonesia dan mempergunakannya dengan pengertian yg tidak sesuai dgn yg di kt. Tp saya usulkan artikel ini utk lebih mengutamakan kenyataan yg ada di masyarakat kita. Bhaskara (bicara) 04:34, 30 November 2009 (UTC)

Pemindahan[sunting sumber]

@Meursault2004: @Gombang: @Bhaskara: Salam, ada yang memindahkan artikel Nusantara ke Nuswantara tanpa didiskusikan di halaman pembicaraan ini, apakah tindakan yang dilakukan pengguna Syzyszune sudah benar? Saya rasa yang lebih cocok adalah tetap Nusantara. Mohon untuk ditinjau, terimakasih: ). Raudalkhudri (bicara) 8 Juni 2017 23.41 (UTC)[balas]

Saudara Raudalkhudri artikelnya sudah saya kembalikan. Meursault2004ngobrol 9 Juni 2017 07.48 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Nusantara that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 9 Oktober 2023 20.52 (UTC)[balas]