Pembicaraan:Moto

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apakah motto merupakan Bahasa Indonesia baku? Bagaimana dengan Semboyan? Artikel "Bhinneka Tunggal Ika" dalam WBI dikategorikan dalam motto. Menurut UUD '45 Amandemen, ia disebut "semboyan negara". wic2020bicara 01:45, 28 Maret 2007 (UTC)

semboyan[sunting sumber]

Kata "motto" bukanlah asli dari bahasa Indonesia. Memang kata itu sudah lazim dipakai--dan juga banyak kata dari Bahasa Inggris lainnya. Kata "semboyan" menurut saya lebih tepat karena berakar dalam bahasa melayu yang menjadi benih dari bahasa Indonesia. Kalau dari bahasa Melayu tidak ada, ambil dari bahasa daerah di Nusantara. Kalau dari bahasa Melayu dan bahasa daerah tidak ada, baru ambil dari bahasa asing. Itu dulu yang diajarkan oleh guru Bahasa Indonesia saya waktu SMP.Seluruhdunia 06:37, 18 Mei 2008 (UTC)

Menurut KBBI kata Semboyan memiliki arti yang sedikit berbeda dengan kata moto. artinya itu lebih dekat dengan kata inggeris code word daripada motto. Kesimpulannya, saya setuju dengan anda dan menambahkan kalimat 'atau juga semboyan' di lamannya Kerampong (bicara) 11 September 2021 19.51 (UTC)[balas]