Pembicaraan:Matahari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

matahari memiliki gaya gravitasi begitu jg planet lainnya.Seharusnya tata surya semakin kecil karena adanya gaya tarik menarik.

bukannya universe itu expanding ? link Borgx(bicara) 10:50, 29 September 2005 (UTC)

Meski ada gaya tarik menarik tsb toh Bumi dan Bulan makin menjauh saja. Adanya gaya tarik dan adanya kecepatan dari planet-planet untuk menuju ke arah tertentu menghasilkan lintasan yang yang sekarang kita ketahui. Seingat saya itu saya dapat di smp dulu.Aditthegrat 07:36, 17 Mei 2006 (UTC)
1. sebetulnya secara mendasar memang benda-benda dalam alam semesta terikat oleh gravitasi, dan hukum gravitasi itu menyebabkan benda-benda untuk tarik-menarik (mendekat), tetapi benda-benda anggota tata surya (planet-planet) bergerak berputar mengelilingi matahari, demikian bulan berputar mengelilingi matahari, sehingga gaya gravitas ber-resultan dengan gaya centrifugal menyebabkan pergerakannya 'tetap' dalam lingkaran mengelilingi pusat (matahari untuk planet-planet dalam anggota tata surya) atau bulan yang mengelilingi bumi.
2. alam semesta memang mengembang, apakah ini bertentangan dengan hukum gravitasi? Jawabannya adalah tidak, karena mengembang-nya alam semesta terjadi dalam skala yang sangat besar (skala ekstra galaksi), dan ada teori yang menyatakan bahwa nasib alam semesta akan mengalami keruntuhan karena tarikan gravitasi dari masing-masing benda dalam alam semesta.
3. Seharus-nya pembicaraan mengenai gravitasi dan alam semesta bisa di kembangkan dalam tulisan big bang, tetapi karena masih rintisan, mudah-mudah-an nanti-nya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar tersebut --

Bagaimana dgn bagian suhu, kok kelihatannya "plin-plan"?

Bagaimana?? -  Matema  talk  10:27, 18 November 2009 (UTC)

Mengenai suhu, saya sudah perbaiki dengan memasukkan data suhu per bagian matahari disertai dengan rujukan. Ternyata matahari memang sangat kompleks. Suhunya berbeda di tiap lapisan, sehingga seharusnya bila kita ingin tahu mengenai suhu matahari harus lebih spesifik di bagian mana. Salam 26Isabella (bicara) 14:31, 17 Juni 2011 (UTC)