Pembicaraan:Macapat

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komentar terbaru: 7 bulan yang lalu oleh InternetArchiveBot pada topik External links found that need fixing (Oktober 2023)

Apakah wikimedia commons memiliki koleksi mp3 macapat alit?

Apakah wikisource memiliki koleksi contoh teks macapat alit?

Jika belum, saya sarankan untuk diadakan, karena: 1. Lagu Macapat tidak punya hak cipta, bukan? 2. Melestarikan budaya jawa 3. Membantu siswa jawa dalam menghafal macapat

Jika ingin mengadakannya, saya sarankan: 1. Teks macapat isinya sesuai dengan tahap kehidupan yang diwakili 2. Teks macapat mengandung kata-kata yang merupakan wataknya (watak masing-masing tembang ada di kawruh/pepak bahasa jawa yang banyak dijual di toko di jawa) 3. Mudah dihafal 4. Lekat di ingatan (bagus kalau mengandung humor) 5. Enak dinyanyikan 6. Adalah suatu kebaikan jika dibuatkan mp3-nya sekalian

Mengapa tidak saya buat sendiri? Yaitu karena saya tidak piawai bermusik & berbahasa jawa. Semoga yang piawai bersedia membantu.

Terima kasih sebelumnya,

(ps: apabila usulan saya salah tempat, mohon yang berwenang menghapus bersedia memindahkan usulan saya di tempat yang seharusnya sebelum menghapus ini)

202.59.174.193 05:00, 12 Desember 2008 (UTC)

Watak metrum macapat yang termasuk sekar alit[sunting sumber]

Macapat ini juga disebut tembang macapat asli, yang banyak dipakai dalam berbagai jenis keperluan. Urutan tembang Jawa tersebut sama dengan perjalanan hidup manusia dari mulai bayi sampai meninggal.Urutan tersebut seperti tersebut di bawah ini:

Menggambarkan bayi masih dalam kandungan ibunya, yang belum diketahui jenis kelaminnya, kumambang berarti mengambang dalam kandungan ibu.

Berarti sudah dilahirkan dan jelas laki-laki atau perempuan.

Berarti masa muda, yang paling penting untuk pemuda adalah mencari ilmu sebanyak-banyaknya.

Dari kata kanthi atau tuntun yang berarti dituntun supaya bisa menjalani kehidupan di dunia.

Berarti cinta, cinta laki-laki kepada perempuan atau sebaliknya yang merupakan takdir Ilahi.

Dari kata jumbuh / bersatu yang berarti apabila sudah bersatu dalam cinta, perempuan dan laki-laki tersebut bisa menjalani hidup bersama.

Menggambarkan kehidupan manusia dalam kebahagiaan ketika berhasil meraih cita-cita.Menemukan jodoh, melahirkan anak, kehidupan yang sejahtera, dsb.

Dari kata darma / sedekah. manusia jika sudah merasa hidup cukup, dalam dirinya tumbuh rasa kasih sayang kepada sesamanya yang sedang kesusahan, sehingga akan tumbuh keinginan untuk berbagi.Hal tersebut didukung juga dari moralitas agama dan watak sosial manusia.

dari kata mungkur yang berarti menyingkirkan hawa nafsu angkara murka.Yang menjadi prioritas hidup adalah keinginan unutk berbagi dan peduli dengan sesama.

Dari kata megat roh/pegat rohe atau terpisahnya nyawa, ketika takdir kematian datang.

Ketika tinggal jasad tersisa, dibungkus dengan kain mori putih atau dipocong sebelum dikuburkan.

Bagian ini saya hapus karena nampaknya riset asli (original research) dan belum tentu benar. Tapi harus saya katakan bahwa memang lucu meski nampaknya ini merupakan kasusu folks etymology. Meursault2004ngobrol 13:47, 17 Mei 2010 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Macapat that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 6 Oktober 2023 07.38 (UTC)Balas