Pembicaraan:Sitrun

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pembicaraan:Limun)
ProyekWiki Biologi  
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biologi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biologi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 

ini gambarnya ga kebanyakan? Jadi lama loadingnya. Gw pikir gambar lemon+bunga, lemon muda, sama batang lemon udah cukup.Hariadhi 11:05, 6 Maret 2006 (UTC)


Menurut saya judul artikel ini harus diganti menjadi "limau" sesuai bahasa Indonesia. Meursault2004 20:56, 6 Maret 2006 (UTC)

Dari gambarnya, saya pikir namanya mestinya "jeruk nipis". --Stephensuleeman 22:47, 6 Maret 2006 (UTC)

Kalau yang saya baca sih jeruk nipis itu sepertinya "lime" dan limau itu "Kaffir lime". borgx(kirim pesan) 00:01, 7 Maret 2006 (UTC)
Malah tambah bingung nih ... :-) Meursault2004 10:20, 7 Maret 2006 (UTC)

Kaffir lime di :ms disebut "limau purut". Apa di Indo juga ada istilah ini? Selain itu mungkin saja di Indonesia tidak ada perbedaan bagi istilah lemon dgn lime... Hayabusa future (bicara) 10:36, 7 Maret 2006 (UTC)

Di Jawa ada istilah "jeruk purut" yang kalau tidak salah dipakai untuk sambal pecel dan sambal sate. Meursault2004 11:00, 7 Maret 2006 (UTC)
di KBBI saya yang tidak lengkap ini (karena Perancis/Prancis saja tidak ada :() ternyata mencatat Lemon kb artinya Limau. Lho berarti Lemon itu bahasa Indonesia! borgx(kirim pesan) 23:48, 7 Maret 2006 (UTC)
Setau gw di Indonesia jeruk nipis, jeruk kesturi, sama lemon dibedain (wew.. berarti orang indonesia lebih pinter dari bule dong =P~). Terus kayanya kalau di KBBI ada tulisan lemon -> limau, berarti yang baku limau (lemon dianggap "tidak sebaku" limau). Hariadhi 05:55, 12 Maret 2006 (UTC)
btw, untuk alasan kekompatibelan istilah, gw lebih suka tetap dalam kata lemon, soalnya kalau di sumatra, limau itu artinya jeruk manis Hariadhi 14:27, 23 April 2006 (UTC)
Memang kata lemon dalam bahasa Inggris atau limoen dalam bahasa Belanda merupakan kata2 pinjaman dari bahasa Melayu (atau Indonesia). Meursault2004 22:12, 23 April 2006 (UTC)
Orang zaman dulu menyebut minuman ringan Coca Cola dan Sprite sebagai limun. Mengapa sekarang jeruk lemon jadi limun? 128.197.11.30 08:07, 8 Mei 2008 (UTC)

Pemindahan per 12 Nov 2008[sunting sumber]

Catatan: Memindahkan limun ke sitrun. Limun dalam BI adalah nama minuman penyegar bersoda. Kembangraps (bicara) 17:24, 12 November 2008 (UTC)


hanya info dari: http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php


le·mon /lémon/ n 1 limau; 2 warna kuning muda; -- sekuas minuman yg dibuat dr jenis buah lemon, gula, dan air soda

1li·mun Bld n minuman manis dng rasa sari buah-buahan (dikemas dl botol) 2li·mun a, li·mun·an a sirna, tidak kelihatan

li·mau n 1 tanaman berbuah bulat atau lonjong, berujung agak lancip, jika matang berwarna kuning, isinya berulas-ulas, umumnya tidak dimakan langsung, tetapi airnya dibuat minuman penyegar; Citrus limon; 2 buah limau; -- masak sebelah, perahu karam sekerat, pb aturan (hukum dsb) yg tidak adil, membeda-bedakan golongan, kedudukan, dsb, tidak sama rata: spt -- masak seulas, pb (orang) yg menonjol di antara saudara-saudaranya (lebih pandai, kaya, dsb); -- besar limau berbuah besar dan berkulit tebal; Citrus maxima; -- betawi limau, berbuah bulat, bagian bawahnya rata, berkulit agak kasar berwarna hijau kekuning-kuningan, berasa masam atau manis; Citrus grandis; -- cina limau manis; -- hantu limau purut; -- kapas limau berbuah kecil; Citrus auratifolia; -- kesturi tanaman limau berbuah kecil bulat yg berkulit halus, tipis berkilat (dapat ditanam di kebun atau di dl pot); Citrus microcarpa; -- kiah tanaman limau, buahnya dapat dijadikan bahan perekat; Triphasia aurantiola; -- kursi limau kiah; -- langir air yg dicampur kulit limau purut dan bunga-bungaan untuk berlimau (berkeramas); -- manis limau, buahnya manis dapat dimakan langsung, berkulit agak kasar berwarna jingga kekuning-kuningan dan mudah dikupas; limau cina; Citrus nobilis; -- nipis limau, berbuah agak lonjong berkulit agak tebal, halus, dan berkilat, berasa masam, dapat dipakai sbg penyedap masakan, campuran obat tradisional, dan sbg minuman penyegar; Citrus aurantifolia; -- purut limau yg buahnya berkulit kasar berkerut-kerut, tidak untuk dimakan, tetapi dipakai sbg penyedap makanan, campuran obat tradisional, dan untuk berkeramas; Citrus hystrix; ber·li·mau v 1 mandi dng menyirami tubuh dan kepala dng air yg dicampur dng kulit limau purut; 2 berkeramas (dng air dicampur air limau); me·li·maui v 1 memandikan atau menyiram dng air yg dicampur dng kulit limau purut; 2 ki memburuk-burukkan; mengata-ngatai; pe·li·mau ark n bangunan kecil tempat mandi

jadi menurut saya, seharusnya namanya "buah limau"