Pembicaraan:Kristen Ortodoks

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dengan Hormat,

mohon maaf, saya ada sedikit keberatan/kritik mengenai pengalihan http://id.wikipedia.org/wiki/Kristen_Ortodoks ke http://id.wikipedia.org/wiki/Gereja_Ortodoks mohon jangan menyamakan antara aliran Kristen dan aliran Ortodoks, sebuah aliran yang berbeda dari pemunculannya.

kata Ortodoks mengacu ke arah gereja purba / mula mula, sedangkan kata / kalimat Kristen (sekarang) lebih condong ke arah aliran agama Kristen Protestan (versi baru Martin Luther)

Katolik dan Apostolik: kata "Katolik" = "umum" kata "Apostolik" = "berlaku umum" / menyeluruh.

kemudian pada: http://id.wikipedia.org/wiki/Kekristenan <= pemilihan kata Kekristenan kurang tepat, apalagi khususnya penggunaan kalimat terjemahan pada bait kalimat:

"Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di Antiokia (Kisah Para Rasul 11:26)." harap lebih memperhatikan alih bahasa dari Inggris ke Indonesia, pada ayat:

And when he had found him, he brought him to Antioch. So it was that for a whole year they assembled with the church and taught a great many people. And the disciples were first called Christians in Antioch.

kata Christians pada ayat tersebut lebih tepat menggunakan "seseorang yang percaya kepada Kristus" atau "a man in Christ" dan bukan "Kristen" <= karena arti kata Kristen saat ini (di Indonesia) adalah (aliran agama Kristen Protestan). suatu penterjemahan yang salah / kurang tepat.

karena perbendaharaan kosa kata Indonesia berbeda makna dengan bahasa Inggris.

untuk aliran Ortodoks bisa menggunakan kata / alias / nama lain: Gereja Ortodoks atau Katolik Ortodoks, tapi tidak tepat / kurang tepat jika menggunakan kata Kristen Ortodoks.

kemudian: http://id.wikipedia.org/wiki/Kekristenan <= seharusnya jangan menggunakan Kekristenan akan tetapi lebih baik keimanan kepada kristus / percaya kepada Isa Almasih / pengikut ajaran Isa Almasih.

karena kembali kepada kata Kristen (sekarang mengacu ke Kristen Protestan), padahal Kristen (protestan) sendiri munculnya belakangan setelah Martin Luther lahir ke dunia.

NB: Gereja=kumpulan orang/umat yang percaya / pengikut Jesus. Kristen=aliran Kristen Protestan (pengikut ajaran Martin Luther). Katolik=Gereja Katolik Vatikan (Paus Roma). Ortodoks=Gereja Purba.

terima kasih atas perhatiannya.

Best Regards