Pembicaraan:Komponis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
ProyekWiki Musik  
Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Musik, sebuah upaya untuk membangun dan menyusun informasi mengenai musik atau album dan segala sub-bidangnya. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, di mana Anda dapat bergabung dengan proyek ini dan/atau berkontribusi dalam diskusi.
 

Halo, setelah melihat suntingan anonim 180.245.131.79[1], boleh saya bertanya? Apa beda pencipta lagu/penulis lagu (en:Songwriter) dengan komponis? Apa setiap pencipta lagu juga komponis? Di antara kedua istilah ini, pengaransemen dan arranger, mana lebih populer? Aransemen di KBBI: "penyesuaian komposisi musik dng nomor suara penyanyi atau instrumen lain yg didasarkan pd sebuah komposisi yg telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah". Midori (bicara) 28 Agustus 2012 11.14 (UTC)

Rasanya ada pembedaan dalam bahasa Inggris antara "songwriter" dengan "komponis". "Songwriter" hanya menulis lagu dan lirik, sementara komponis membuat komposisinya dengan notasi untuk berbagai alat musik yang memainkannya, sehingga karya itu menjadi sebuah "komposisi", bukan hanya sebuah lagu. Stephensuleeman (bicara) 28 Agustus 2012 12.14 (UTC)