Pembicaraan:Iman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Islam (Dinilai kelas Start, High)
Ikon ProyekWikiArtikel berada dalam lingkup ProyekWiki Islam, sebuah upaya untuk mendorong penyusunan yang lebih baik, distribusi isi, rujukan silang antar halaman yang berhubungan dengan Islam. Silahkan ikut serta dengan menyunting artikel Iman, atau mengunjungi halaman proyek untuk keterangan lebih lanjut.
 Awal  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas awal pada skala kualitas proyek.
 Tinggi 
Penting
 

Perubahan interwiki bahasa Inggris[sunting sumber]

  • Iman dirubah menjadi belief
  • Keyakinan akan mengambil alih interwiki faith
OK, a slight change of plan, ternyata belief sudah diambil sama kepercayaan. Catatan untuk iman, interwikinya sekarang kosong sampai diputuskan kemudian Serenity (bicara) 03:48, 1 Januari 2009 (UTC)

Klo dilihat dari interwiki Keyakinan dalam bahasa Arab إيمان (Iman), apa gk sebaiknya artikel ini digabung saja kedalam artikel Keyakinan, sub judul keyakinan dalam agama Islam, Kristen, dll.

SKULLSPLITTER (bicara) 05:55, 9 September 2009 (UTC)

Pelajaran bahasa Inggris: Believe->percaya, belief->kepercayaan (trust bisa juga diartikan sebagai kepercayaan dalam konteks yang non-agama), faith->iman. Keyakinan menurut saya bisa digabungkan dengan kepercayaan.
Bennylin
09:45, 9 September 2009 (UTC)

(Rio :-) 07:37, 23 Desember 2010 (UTC))

  • iman tidak sama dengan percaya, karena nilai, kadar dan mutu iman adalah lebih tinggi dari percaya.
  • iman, secara umum diartikan sebagai suatu tindakan merobah sikap yang terus-menerus. karena iman diawali dengan suatu tindakan radikal seseorang membuang kepercayaan pada kekuatan dan egonya sendiri untuk mendapatkan keselamatan dari suatu kepercayaan atau agama.
  • keyakinan yang teguh akan kebenaran kasih karunia Allah dalam agama abrahamik.

menurut umat kristen:

  • Iman berdasarkan kenyataan-kenyataan tertentu yang diberitakan dan disaksikan oleh para rasul Yesus (1- Korintus II:23, 15:1-3, 1- Tesalonika 2:13)
  • Iman berdasarkan kenyataan-kenyataan yang memang sudah ditetapkan (kis 9:20, matius 16:16, 1- Petrus 2:24, roma 4:25, 1- korintus 15:3-4, kis 2:38-39)
  • namun Iman dapat pula didapat secara spontan atau seketika (matius 15:28, lukas 23:41-42, ibrani 11:1-31)