Pembicaraan:Ilmu komputer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Quote Djikstra[sunting sumber]

Dari Wikipedia bahasa Inggris, quote Djikstra adalah:

"Computer science is no more about computers than astronomy is about telescopes."

dan di versi sebelumnya diterjemahkan:

"Ilmu komputer bukan lagi tentang komputer seperti astronomi tentang teleskop"

Saya rasa penerjemahannya tidak akurat, sebab terjemahannya ("bukan lagi") bermakna bahwa dulu yang disebut "ilmu komputer" adalah studi yang hanya tentang komputer (berarti hardware komuter), dan sekarang bukan hanya tentang komputernya. Padahal bukankah yang lebih dulu muncul adalah fondasi matematikanya (teori komputasi, algoritma, dll) baru hardwarenya?

Yang dimaksud oleh Djikstra adalah bahwa objek utama dalam ilmu komputer bukan komputer, tapi algoritma dan komputasi (sebagaimana objek utama dalam astronomi bukanlah teleskopnya, tapi benda-benda langit).

Oleh karena itu saya ganti terjemahannya menjadi

"Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop."

Agro1986 07:15, 23 Agustus 2005 (UTC)

OK bagus. Meursault2004 08:56, 23 Agustus 2005 (UTC)
Kalau misalnya ada yang merasa terjemahannya juga tidak tepat, saya ada beberapa alternatif: "Hubungan Ilmu komputer dengan komputer tidak lebih dari hubungan astronomi dengan teleskop" dan "Ilmu komputer mempelajari tentang komputer tidak lebih dari astronomi mempelajari tentang teleskop" Agro1986 10:36, 23 Agustus 2005 (UTC)

Masalah quantum computing[sunting sumber]

Di bagian pendahuluan

Teks judul[sunting sumber]

Masih di paragraph Church Turing Thesis ini ada penggalan .. para ahli komputer menekankan pada komputer von neuman, ini saya kurang paham. Sebenernya maksudnya apa, atau asal usulnya dari mana.

Masalah Perapian[sunting sumber]

Menurut saya, bagian atas (intro) dari artikel ini terlalu panjang. Saya kurang tahu templat yg sesuai, sehingga saya tulis di sini saja. Terima kasih -- Uondre Bicara 14:34, 30 Juli 2011 (UTC)