Pembicaraan:Girsang

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

TOKOH TERKENAL

Alternatif Referensi[sunting sumber]

Saya menemukan judul buku ini: "Sejarah & Silsilah, Asal Usul Marga Girsang" yang disusun oleh Jaludin Purba Girsang BA. Saya temukan di diskusi: [Grup FB keluarga Girsang]. Bagi yang lebih memahami, mohon pencerahannya. -- Uondre Bicara 06:16, 29 Juli 2011 (UTC)

1. Saya mencoba sudah menambahkan prana/link yg saya ketahui. Kategori yg sesuai juga sudah ditambahkan. 2. Ahli subyek terkait siapa yg dimaksud ya?

Silsilah mengenai marga girsang ini, yg diceritakan secara runtun, dijelaskan di buku Sejarah & Silsilah, Asal Usul Marga Girsang" yang disusun oleh Jaludin Purba Girsang BA. Dan cerita ini juga banyak 'beredar' di masyarakat Girsang. Ada mungkin yg menentang silsilah atau asal-usul marga girsang tersebut. Tapi hanya menentang. Tidak ada yang bisa menjelaskan secara runtun 'dalam bentuk cerita lain' tentang sejarah girsang apalagi membuku kannya. Hanya meragukan atau tidak menerima cerita yg ditulis dalam naskah ini. Dengan adanya tulisan di wikipedia mungkin akan menarik yg lain utk menuliskan ttg girsang menurut versi yang dia ketahui. Gpp kan banyak versi, toh kebenarannya harus dibuktikan sama2 dan tidak mudah.

JADI alangkah kurang bijaksana kalau artikel ini langsung dihapus.

Kalo format penulisannya keliru, tolong beritahu, agar kami dapat memperbaikinya. Terimakasih

Terima kasih Sdr. Gandagirsang. Templat yg saya pasang sudah saya cabut. (+ lain kali, jangan lupa membubuhkan tanda tangan di kiriman diskusi Anda ya! (cara: ketik --~~~~) -- Uondre Bicara 02:07, 30 Juli 2011 (UTC)

Terimakasih Sdr Uondre atas masukkannya --04:09, 30 Juli 2011 (UTC)

Tanggapan lainnya Referensi yang beredar luas di masyarakat (dalam bentuk buku) adalah yang disusun oleh Jaludin Purba Girsang, BA ini. Buku ini mencakup sejarah marga Girsang mulai dari kelahirannya di Siborong-borong hingga berdirinya kerjaan Silimakuta. Buku ini juga memuat beberapa petikan wawancara serta kutipan dari beberapa sumber yang dianggap mengetahui dan atau merepresentasikan marga Girsang (tokoh adat, para tetua dan marga girsang yang sudah cukup lanjut usia dan layak dipercaya). Hal inilah yang menyebabkan referensi ini dapat dan layak dijadikan referensi utama. Memang diakui masih ada beberapa pihak yang Pro dan Kontra terhadap tulisan yang berasal dari buku saudara Jaludin Purba Girsang, BA ini. Hal ini adalah wajar dikarenakan metode penelitian yang digunakan untuk membuat buku ini pada waktu itu masih berupa metode riset tradisional, dengan hanya berdasarkan wawancara kepada para pihak yang dianggap kompeten (serta cek silang antara sumber yang satu dengan sumber yang lainnya) dan kumpulan dokumen-dokumen yang tersedia dari sumber-sumber yang diwawancarai. Beberapa pertentangan terhadap buku ini, hanya berupa pertentangan verbal belaka tanpa adanya bukti-bukti pendukung lainnya seperti yang disebutkan di atas. Beberapa referensi lain juga ada beredar namun dengan lingkup yang sempit (hanya sampai 3 atau 5 generasi ke atas). Hal lainnya juga dapat berupa cerita dan atau tanggapan yang masih perlu diselidiki kelayakannya sebagai referensi. (Edy S Girsang (bicara) 17:58, 29 Juli 2011 (UTC))



Tanggapan

Mohon maaf saya newbie di penulisan wiki ini,

Ada komentar : Artikel ini tidak memiliki paragraf pembuka yang sesuai dengan standar Wikipedia. Artikel ini harus didahului dengan kalimat pembuka: Girsang adalah..... Padahal, sejak awal saya sudah membuat "Girsang adalah sebuah marga di suku simalungun" sebagai pembuka.
Namun setahu saya,memang tidak ada arti Etimologi dari girsang. Apakah itu yg dinamakan "tidak memiliki paragraf pembuka yang sesuai dengan standar Wikipedia?".
Mengenai penulisan sdh saya perbaiki secara lebih sederhana. Mungkin cerita sebelumnya akan dibuat dalam kata wikipedia sendiri misalnya "Girsang_Lumbantoruan". Mohon masukannnya.Terimakasih. --Gandagirsang (bicara) 19:07, 30 Juli 2011 (UTC)