Pembicaraan:Dara Jingga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Saya agak meragukan data yang menyebutkan bahwa Cakradara adalah putri dari Dara Jingga.. Belum pernah saya membaca referensi yang menyatakan ini, ataupun sedikit menyerempet tentang pernikahan Tribuana dengan "sepupu" Jayanegara (seandainya teori Cakradara adalah anak Dara Jingga)

Juga yang menyatakan bahwa Dara Jingga memiliki putra Arya Damar, karena alur waktu (timeline) antara masa hidup Dara Jingga dengan Arya Damar berselisih hampir 100 tahun... Dan antara Cakradara dengan Arya Damar juga begitu.

Data yang sedikit lebih valid adalah, Dara Jingga menikah dengan seorang bangsawan Singasari bernama Adwaya Brahmana, yang juga menjadi pemimpin utusan dalam ekspedisi Pamalayu, berputra 1 orang yaitu: Adityawarman

salam damai, winana(ngobrol) 18:54, 7 November 2006 (UTC)

Orang Tua Cakradara[sunting sumber]

Saya juga sependpat dengan Sdr. Winana soal orang tua Cakradara. Dalam Pararaton, Cakradara bergelar Kertawardhana, ayah dari Hayam Wuruk. Pada prasasti Trawulan 1358, Kertawardhana disebut sebagai putra Cakraiswara keturunan Wisnuwardhana. Jadi, Cakradara bukan anak Adwayabhrahma dan Dara Jingga. Antapurwa 08:45, 1 Maret 2008 (UTC)