Pembicaraan:Daftar tokoh Mandailing

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Daftar (Dinilai kelas List)
Ikon ProyekWikiHalaman ini artikel merupakan bagian dari ProyekWiki Daftar, upaya untuk menyusun dan mengatur semua daftar halaman di Wikipedia. Jika Anda ingin membantu, silakan kunjungi halaman proyek, di mana Anda dapat bergabung dengan proyek dan/atau berkontribusi pada diskusi.
 Daftar  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas daftar pada skala kualitas proyek.
 

Olivia Jensen Lubis tidak berdarah Batak Mandailing, namun lebih tepat disebutkan berdarah Batak Angkola. Keluarga ibunya yang boru Lubis bersuku Batak Angkola, bukan dari Lubis bersuku Batak Mandailing. Tidak semua Lubis bersuku Mandailing, meski secara mayoritas memeng demikian. Marga Lubis juga ada di Toba dan Angkola.

Marga Harahap bukan bersuku Batak Mandailing, namun bersuku Batak Angkola. Begitu pula marga Pane, Hutasuhut, Dalimunthe, Hasibuan, Batubara, Siregar umumnya bersuku Batak Angkola, dan sebagian ada yg bersuku Batak Toba. Marga Tanjung adalah bersuku Batak pesisir barat yg berbahasa Minang Pesisir di Tapanuli Tengah dan sebagian kecil ada juga yang bersuku Batak Toba.

Ada pula suku batak pesisir berbahasa minang, aneh.... bahasa yang dipakai menunjukkan asal-usul suatu komunitas. karena bahasa adalah produk budaya universal dan mendasar dari suatu komunitas.

Tak usah lah berdebat diatas air, yang jelas mandailing itu adalah mandailing. Toba adalah toba. Karo adalah karo. Angkola adalah Angkola. Janganlah kita memandailingkan Batak, Mentobakan Batak, mengkarokan Batak.

Apa itu Batak??? Batak adalah gabungan dari beberapa suku. Kenapa di gabungkan??? Untuk memudahkan Tipologi. Mandailing punya ciri khas, Toba punya ciri khas, Karo punya ciri khas, Pelajari Budaya Angkola seperti apa?, Lihat pakaian adat mereka, bahasa serta kebiasaan mereka? Mereka berada di kategori mana?

Berikan argumen yang objektif. Jika anda adalah orang Toba,Mandailing,Karo,Angkola,Simalungun anda mungkin tidak dapat berargumen secara objektif, karena anda akan selalu membuat suku anda lebih Superior. Pelajari dari awal!!! Jangan dari ujung!!!


Marga lubis itu Marga Mandailing. Saudara gladynova ini mungkin Batak toba. Ntar ada ada marga lubis kelahiran papua kau bilang pula Lubis suku papua (112.215.63.6 25 Maret 2016 06.25 (UTC))[balas]