Pembicaraan:Kamboja jepang

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pembicaraan:Adenium)
ProyekWiki Biologi  
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biologi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biologi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 

Untitled[sunting sumber]

Adenium Arabicum adalah jenis tanaman yang umum digunakan untuk bonsai dan dibudidayakan untuk keindahan daun, bentuk pertumbuhan dan karakteristik berbunga. Daun Adenium arabicum ini memiliki permukaan ada yang kasar dan ada halus atau berlapiskan lilin. Pertumbuhan Adenium arabicum cenderung gemuk, memiliki caudex dengan tanpa banyak diferensiasi antara caudex, batang dan cabang. Warna kulit tanaman adalah kuning, silver dan beberapa berwarna gelap. Bunga berkisar dari pink ke merah muda kemerahan.

Adenium arabicum adalah tipikal adenium bonsai dengan karakter umum sebagai berikut : Karakter kwalitatif, meliputi :bentuk bunga,daun,batang,caudex, Karakter kwantitatif, meliputi :pertumbuhan dan perkembangan

Pemuliaan Adenium arabicum dalam wujud hibridisasi dan kultivasi mengikuti ciri dan sifat dari karakter tersebut, yang selanjutnya diimplementasikan dalam sebuah bentuk atau gaya. Bentuk dan gaya tersebut adalah sbb :

- Dwarf Form

Dwarf form adalah sebuah bentuk Adenium arabicum dengan penampilan caudex yang melebar serta percabangan menyebar di atas caudex yang cenderung flat dan gemuk. Adenium arabicum yang cocok untuk bentuk ini adalah dengan ciri² daun berbulu, percabangan kekar tetapi tidak mudah bercabang. Untuk memaksimalkan bentyuk ini, bisa dilakukan perlakuan tambahan seperti penggunaan ZPT tertentu sehingga semakin banyak cabang di atas caudex, maka pertumbuhan caudex semakin melebar. Bentuk ini sangat sederhana dan tidak terlalu mementingkan anak-cabang, tetapi ada kesulitan dalam mempertahankannya, karena sesuai pertumbuhan dan perkembangan, akar semakin membesar dan cabang mulai keluar anak cabang.

- Muscular Form

Bentuk ini merupakan generasi lanjutan dari bentuk dwarf, beberapa hybrid memiliki kesulitan untuk dipertahankan dalam form dwarf, sehingga kemudian penampilan menjadi kekar saat munculnya anak cabang dan eksposing akar di atas media. Bentuk ini cocok untuk hybrid arabicum dengan cirri-ciri daun berbulu, tidak mudah beranak cabang, dan percabangan yang cenderung kekar menuju kearah atas.

- Multibranches Form

Arabicum Multibraches, adalah arabicum yang memiliki kecenderungan mudah bercabang bahkan pada usia dini, saat tanaman belum memasuki fase generative.Kecenderungan untuk munculnya tunas-tunas lateral sangat mempengaruhi kwalitas hasil akhir. Hibrid yang cocok untuk bentuk ini adalah arabicum dengan karakter daun tidak berbulu, serta mudah bercabang. Bentuk multibraches yang baik adalah dengan dua atau lebih cabang utama, yang selanjutnya diikuti sub cabang di tingkat atasnya. Dari ciri-ciri hybrid ini, umumnya adalah arabicum yang banyak dan rajin berbunga.

- Batang Tunggal

Hampir semua arabicum, cocok untuk bentuk ini, bentuk dasar batang tunggal merupakan bahan yang baik untuk gaya lain seperti miring, tegak lurus dan menggantung. Pemuliaan arabicum untuk bentuk ini sangat mengandalkan seleksi, di mana hasil keturunan dari bentuk indukan akan cenderung memiki bentuk yang sama dengan indukan.

- Broom Form

Bentuk broom adalah bentuk di mana menganggap caudex sbg batang utama, sehingga penampilan caudex harus diusahakan tidak melebar serta percabangan yang cenderung rebah hingga 90 derajat, sehingga pecabangan ini akan membentuk mahkota. Hibrid Adenium arabicum ynag cocok untuk bentuk ini memiliki karakter khusus seperti percabangan yang kaku, daun tidak berbulu, pertumbuhan lambat (dwarf), serta perakaran yang kuat, dominan memanjang. Negara Thailand sebagai negara industry Adenium arabicum telah menggunakan nama thaisoco untuk nama bentuk ini. Sementara di Indonesia, belum ada kesepakatan tentang nama yang akan dipakai untuk bentuk dan gaya seperti ini

- Wild/Motherplant

Bentuk ini merupakan bentuk tanpa campur tangan, hanya mengandalkan pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Yang umum, bentuk wild akan menyerupai bentuk Adenium arabicum di habitat aslinya.


PENAMAAN HIBRID

Penamaan hybrid pada Adenium arabicum mengikuti ketentuan umum yang berlaku pada tatanama botani. Penyebutan nama dimulai dari tingkat Genus, Species, dan sub species. Binomial name : adalah penyebutan nama hybrid berdasarkan Genus+Species, yaitu Adenium arabicum. Trinomial name : adalah penyebutan nama hybrid berdasarkan Genus+Species+subspecies, contoh Adenium arabicum golden crown. Penyebutan nama hybrid adenium arabicum, kadang dengan menambahkan kata lain yang tidak berfungsi sebagai sebutan hybrid, tetapi lebih cenderung menunjukkan sifat, gaya, atau cirri karena Adenium arabicum ini dikenal sbg typical bonsai. Contoh, Adenium arabicum Dwarf Hansotti.

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Kemboja jepang that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 3 Oktober 2023 15.50 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Desember 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Kamboja jepang that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 3 Desember 2023 10.32 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Januari 2024)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Kamboja jepang that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 31 Januari 2024 04.00 (UTC)[balas]