Pegunungan Rodna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pegunungan Rodna

Pegunungan Rodna (bahasa Rumania: Munţii Rodnei, bahasa Hongaria: Radnai-havasok) adalah bagian dari Pegunungan Carpathia Timur di Rumania Utara. Nama pegunungan ini berasal dari Desa Rodna Veche.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pegunungan Rodna berbatasan dengan Ukraina. Daerah yang dicakup oleh Rodna memiliki bentuk segitiga kasar yang tepi utaranya dibatasi oleh Sungai Vișeu, jalur Prislop pada ketinggian 1416 m (di atasnya terbentang Pegunungan Marmarosh) dan sungai Bistrița Aurie. Tepi tenggara segitiga dibatasi oleh lembah Someșul Mare dan Rotunda pass pada 1271 m. Di sebelah selatan Someșul Mare terletak Pegunungan Bârgău sedangkan di sebelah timur celah Rotunda terdapat Pegunungan Suhard yang lebih rendah dari Rodna tetapi memiliki karakter yang sama dan dianggap oleh beberapa orang sebagai bagian timurnya. Sungai Sălăuța yang merupakan anak sungai Someșul Mare, dan Etref melintas di 818 m membentuk batas barat Rodnei yang memisahkannya dari Pegunungan Ibleș.

Pegunungan Rodna jauh lebih tinggi dari pegunungan di dekatnya. Puncak tertingginya, yaitu Pietrosu mencapai ketinggian 2303 m, isolasinya 220 km, dan ketinggiannya 1578 m. Pietrosu berdiri di barisan bagian barat, sedangkan puncak tertinggi kedua, Ineu pada 2279 m memimpin bagian timurnya. Punggungan utama Rodna memanjang dari barat ke timur. Lereng utara dan lembah Rodnei relatif pendek dan curam, sedangkan bagian selatan, terutama barat daya sangat panjang dan landai. Hal itu menyebabkan punggungan utama biasanya didekati dari utara. Jika naik jauh di atas 1800 m, artinya di atas garis kayu dan jauh ke zona pinus kerdil banyak yang telah diubah menjadi padang rumput gunung yang digembalakan oleh kawanan kuda, kawanan domba, beberapa kambing, dan sapi. Puncak dari puncak tertinggi, terutama di massif Pietrosu, termasuk dalam zona alpine.[1]

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Pegunungan ini cocok untuk aktivitas hiking pada musim panas dan permainan ski pada musim dingin. Daerah ini juga merupakan biosfer UNESCO di bawah penunjukan "Manusia dan Biosfer". Ada berbagai ekosistem atau habitat di seluruh taman. Habitatnya meliputi alpine, subalpine, padang rumput, padang rumput pegunungan, hutan beech, dan dataran tinggi pegunungan.

Ketampakan Alam[sunting | sunting sumber]

Rodna menampilkan kelimpahan dan susunan fitur alam yang mencakup gua, arena, hutan,  gunung, mata air, dan lembah. Selain itu, ada beragam populasi vegetasi dan satwa liar yang dilindungi di dalam batas taman. Beberapa predator satwa liar yang populer termasuk beruang coklat, serigala abu-abu, dan elang. Penampakan satwa liar populer lainnya termasuk luak, rusa, dan babi hutan.[2]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°32′17″N 24°41′50″E / 47.53806°N 24.69722°E / 47.53806; 24.69722

  1. ^ "Rodna (Rodnei) Mountains : Climbing, Hiking & Mountaineering : SummitPost". www.summitpost.org. Diakses tanggal 2022-04-07. 
  2. ^ "Rodna Mountains National Park (Official GANP Park Page)". national-parks.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-07.