Paul Willem Johan van der Veur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Paul Willem Johan van der Veur (lahir di Medan, 28 Agustus 1921 – meninggal di Canton, Ohio, 20 Januari 2011 pada umur 89 tahun) adalah seorang ahli keindonesiaan dan profesor di Universitas Ohio, Amerika Serikat. Di universitas itu, van der Veur mendirikan dan menjadi direktur pertama Center for Southeast Asian Studies.

Ia lahir dari keluarga Belanda totok yang telah tinggal di Hindia Belanda. Di usia muda ia ikut hijrah bersama keluarganya ke Surabaya dan besar di sana. Pendidikan diperolehnya di Hindia Belanda dan Belanda. Sekembalinya dari Belanda menjelang Perang Dunia II, ia ditangkap oleh tentara Jepang dan dipaksa bekerja di Jepang.

Seusai perang, van der Veur mengambil sarjana muda di Universitas Swarthmore, AS. Gelar master diperolehnya di Universitas Minnesota. Ia memperoleh Ph.D. dari Universitas Cornell di bidang ilmu politik dan kajian Asia Tenggara dengan disertasi mengenai kaum Indo di Indonesia.

Karier mengajarnya adalah di Universitas Yale, Universitas Hawaii di Manoa, Universitas Northern Illinois, dan akhirnya "terdampar" di Universitas Ohio.

Penelitian-penelitian yang dilakukannya juga membuat ia mengajar sebagai dosen tamu di Universitas Nasional Australia (ANU) dan Universitas Airlangga di Surabaya. Ia adalah penerima beasiswa dari Yayasan Fulbright.

Bidang penelitiannya terutama adalah mengenai kaum Indo di Indonesia (sebelum dan sesudah merdeka), Freemasonry di Indonesia, proses penyatuan Papua, serta dinamika etnik di Indonesia. Buku penting yang ditulisnya adalah biografi tentang Ernest Douwes Dekker, tokoh pergerakan Indonesia berdarah Belanda-Jerman.