Paul Delos Boyer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Paul D. Boyer)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Paul D. Boyer
Paul D. Boyer.jpg
Lahir(1918-07-31)31 Juli 1918
Provo, Utah, Amerika Serikat
Meninggal2 Juni 2018(2018-06-02) (umur 99)
Los Angeles, California, Amerika Serikat
KebangsaanAmerika Serikat
Almamater
Dikenal atas
Penghargaan
Karier ilmiah
Bidang
Institusi

Paul Delos Boyer (lahir di Provo Utah, 31 Juli 1918 – meninggal di Los Angeles, California, 2 Juni 2018 pada umur 99 tahun) adalah seorang biokimiawan Amerika Serikat yang dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Kimia pada tahun 1997.

Boyer lahir di Provo, Utah di mana ia masuk Provo High School. Ia dianugerahi gelar B.A. dari Brigham Young University pada tahun 1939. 5 hari sebelum meninggalkan Wisconsin, ia menikahi Lyda Whicker, dengannya memperoleh 3 anak. Boyer melanjutkan studinya di Universitas Wisconsin-Madison dan mendapatkan gelar Ph.D. pada tahun 1943. Ia menghabiskan masa Perang Dunia II di Universitas Stanford untuk proyek stabilisasi serum albumin yang digunakan untuk transfusi.

Ia memulai penelitian independen di Universitas Minnesota mengenai mekanisme enzimatik. Sejak tahun 1963 ia menjadi profesor di Jurusan Kimia dan Biokimia di UCLA. Pada tahun 1965, ia menjadi direktur pendiri Lembaga Biologi Molekuler di UCLA dan organisasi program PhD antarjurusan. Organisasi ini tak mengurangi kreativitas dan keaslian program penelitian, yang menciptakan 3 postulat untuk mekanisme pengikatan sintesis adenosin trifosfat (ATP), bahwa masukan energi bukan terutama digunakan untuk membentuk ATP namun untuk mempercepat pengikatan fosfat dan sebagian besar pelepasan ATP yang diikat kuat; yang ketiga situs katalis identik itu mengalami dorongan dan perubahan ikatan sekuens; dan bahwa perubahan ikatan subunit katalis, yang secara bulat tersusun di permukaan enzim, digerakkan oleh perputaran subunit dalam yang lebih kecil. Boyer dan John E. Walker menerima Hadiah Nobel Kimia pada tahun 1997 « untuk penemuan mekanisme enzimatik yang mendasari sintesis adenosin trifosfat (ATP) » [1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Nobel 1997

Pranala luar[sunting | sunting sumber]