Patiseri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Etalase toko yang berisikan beraneka ragam pastri.
Patiseri yang dijual oleh sebuah toko roti di Lille, Prancis
Patiseri yang dijual oleh sebuah toko roti di Montreal, Quebec

Patiseri (ejaan asli: pâtisserie) adalah sebuah tipe toko roti Prancis, Italia, atau Belgia yang berspesialisasi pada pembuatan roti pastri dan permen, serta merupakan sebutan untuk tipe makanan tersebut. Di Prancis, Belanda, dan Jerman, sebutan patiseri hanya dapat dipakai oleh toko roti yang mempekerjakan koki berlisensi maître pâtissier (Prancis), meester banketbakker (Belanda), dan Konditormeister (Jerman). Di Belanda, toko roti yang menjual patiseri sering disebut banketbakkerij, sementara produknya disebut banketgebak.

Di Prancis dan Belgia, pâtissier digunakan untuk menyebut koki pastri yang telah menyelesaikan proses pelatihan panjang dan lulus ujian tulis.[1] Di Belanda, Prancis, dan Jerman, patiseri sering bermitra dengan toko roti. Patiseri pun cukup mudah ditemui di perkotaan dan perdesaan di Prancis dan Belgia. Kue dan makanan manis lainnya juga dapat dijual di patiseri.

Piala Dunia Pastri[sunting | sunting sumber]

Pada usia empat belas tahun, Gabriel Paillasson mulai mengikuti Mr. Henri Humbert, ia kemudian memperoleh lisensi CAP dan EFPA Pastry-Glacier-Chocolatier. Ia pun bekerja di beberapa rumah di Lyon, yakni Barbet, Dessales, Trolliet sin mignon, Brochon Ecully Rhone. Pada tahun 1973, ia mendirikan Maison Paillasson di Saint-Fons di mana ia bekerja sebagai koki pastri. Anaknya, juga seorang koki pastri, mengikuti ayahnya pada tahun 1999. Hingga bulan Januari 2019, Gabriel Paillasson masih menjadi satu-satunya orang yang memperoleh dua gelar Meilleur Ouvrier de France: ‘Pastry’ dan ‘Glacier’. Ia juga merupakan Master Craftsman Pastry-Glacier-Chocolatier. Namanya pun dimasukkan ke dalam Larousse of gastronomy pada tahun 2007. Ia juga mengikuti beberapa kompetisi serta mengadakan eksebisi dan konferensi di lebih dari 36 negara. Gabriel Paillasson juga menciptakan Piala Dunia Pastri yang digelar tiap tahun sejak tahun 1989.[2]

Koki pastri terkenal[sunting | sunting sumber]

Macarons

Koki pastri terkenal antara lain :

Negara lain[sunting | sunting sumber]

Di Bangladesh, sebutan yang lazim digunakan adalah pâtis. Di Korea dan Jepang, sebutan patiseri digunakan bersama dengan (Jepang: パティスリー dan bahasa Korea: 파티스리, translit. pâtiserrie).

Di Prancis dan Kanada, sebutan patiseri juga merujuk ke pastri yang diproduksi oleh 'pâtissier. Pastri yang diproduksi secara massal pun terkadang disebut sebagai patiseri.

Di Australia dan Lebanon, sebutan patiseri digunakan bersama dengan sebutan toko roti atau toko pastri.[butuh rujukan]

Di Hungaria, sebutan cukrászda digunakan untuk menyebut patiseri.

Di Polandia, ada dua sebutan untuk toko yang membuat dan menjual makanan manis, yakni cukiernia (dari cukier yang berarti 'gula') dan ciastkarnia (dari ciastko yang berarti 'pastri', turunan dari kata ciasto yang berarti 'kue' atau 'adonan').

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Prais, S. J. (1995). Productivity, education, and training: an international perspective. Cambridge, UK: Cambridge University Press. hlm. 35. ISBN 0-521-55667-8. 
  2. ^ Paillasson, Gabriel (2 January 2019). "World Cup Of Pastry". Coupe du Monde de Pâtisserie. Diakses tanggal 6 January 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]