Partai Nasional Demokrat (Pemilu 1999)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Partai Nasional Demokrat
Ketua umum Edwin Henawan Soekowati
Sekretaris jenderal Eddy Sjafuan
Ideologi Pancasila
Politik Indonesia
Partai politik
Pemilihan umum

Partai Nasional Demokrat adalah salah satu partai politik yang pernah ada di Indonesia. Partai ini didirikan oleh Edwin Henawan Soekowati sebagai ketua umum dan Eddy Sjafuan sebagai sekretaris jenderal[1].

Eddy Sjafuan Sejumlah pengurus Partai Nasional Demokrat (PND) sebelumnya dikenal sebagai anggota PDI dari unsur Pemuda Demokrat, yang merupakan bagian dari PNI. Para eksponen Pemuda Demokrat ini mengaku bosan dengan konflik yang berkepanjangan di PDI. Selain itu, sejak bergabung dengan PDI aktualisasi eksponen Pemuda Demokrat dirasakan tidak lagi bebas. Selain Pemuda Demokrat, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) juga merupakan basis pendukung PND.

Jati diri PND adalah Pancasila yang mengedepankan segi-segi Ketuhanan Yang Maha Esa, Sosio Nasionalisme, dan Sosio Demokrasi.

PND bermaksud menghimpun potensi kekuatan para nasionalis untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan yang merata baik materiil maupun spiritual. PND juga turut memelihara ketertiban dunia.

Sebagai sebuah partai politik, PND ingin menegakkan hak-hak politik rakyat, mendidik anggota dan kadernya menjadi warga negara yang bermoral Pancasila dan setia kepada Undang Undang Dasar 1945, serta turut melaksanakan pendidikan politik rakyat.

Rujukan[sunting | sunting sumber]