Partai Daulat Rakyat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Partai Daulat Rakyat
Didirikan 1 Januari 1999
Ideologi Pancasila
Politik Indonesia
Partai politik
Pemilihan umum

Partai Daulat Rakyat disingkat PDR adalah salah satu partai politik di Indonesia yang pernah menjadi peserta di pemilihan umum tahun 1999.

Partai ini didirikan sebagai wadah bagi anak bangsa dalam menentukan proses reformasi untuk membangun sistem politik yang demokratis dan sistem ekonomi yang maju dan adil. Dalam rangka memberdayakan rakyat tersebut, maka basis pendukung PDR adalah para pekerja, petani, nelayan, pedagang kaki lima dan sektor informal, serta golongan masyarakat lainnya yang selama ini terpinggirkan.

Tujuan PDR adalah memberdayakan rakyat kecil yang selama ini terpinggirkan dari proses politik dan pembangunan ekonomi untuk kemudian bersama dengan komponen bangsa yang lain berjuang mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang maju dan adil. Oleh sebab itu, program ekonomi PDR mendasarkan pada perekonomian yang bertumpu pada kreativitas dan produktivitas, bukan hanya eksploitasi sumber daya alam. Tidak saja manajer dan pimpinan perusahaan yang harus produktif, pekerja pun harus terlatih dan kreatif untuk dapat memberikan sumbangan yang optimal.

Pemilihan umum 1999[sunting | sunting sumber]

Partai ini mengikuti pemilihan umum tahun 1999 dengan nomor urut 39. Partai ini mendapatkan suara sebanyak 427.854 suara atau 0,40% dari keseluruhan suara yang ada. Partai ini mendapatkan dua kursi di Dewan Perwakilan Rakyat untuk periode 1999-2004.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]