Partai Buruh (Taiwan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Partai Buruh
勞動黨
Ketua umumWu Juang-yuan
Dibentuk29 Maret 1989 (1989-03-29)
Ideologi
Posisi politikSayap kiri[1]
Yuan Legislatif
0 / 113
Bendera
Situs web
www.laborparty.tw
Partai Buruh (Taiwan)
Hanzi tradisional: 勞動黨
Hanzi sederhana: 劳动党

Partai Buruh[I] adalah partai politik sayap kiri di Taiwan, yang didirikan pada 29 Maret 1989 oleh serikat pekerja yang mogok di Xinpu, Kabupaten Hsinchu . Ini adalah bagian dari gerakan buruh yang lebih luas di Taiwan, dan mengadvokasi reformasi tenaga kerja dan redistribusi sumber daya sosial. Partai tersebut juga mendukung penyatuan Taiwan dengan Tiongkok daratan, dengan otonomi tingkat tinggi yang untuk Taiwan di bawah prinsip "satu negara, dua sistem".

Anggota partai sering membantu dalam membentuk serikat pekerja dan secara teratur mengadakan protes terhadap kebijakan perburuhan pemerintah, serta imperialisme yang dirasakan dari Amerika Serikat dan Jepang . Demonstrasi buruh terkenal yang dibantu oleh Partai Buruh termasuk perselisihan perburuhan 2009 melawan TSMC.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Partai Buruh didirikan pada 29 Maret 1989 oleh serikat pekerja dari Perusahaan Serat Sintetis Timur Jauh di Xinpu, Kabupaten Hsinchu.[2] Serikat pekerja telah memprotes PHK massal perusahaan dan penolakan untuk menaikkan upah pekerja; protes memuncak sebulan kemudian.[2] Ketika mendirikan partai, pimpinan serikat buruh mempertimbangkan untuk mengadopsi nama "Partai Komunis Taiwan" tetapi memilih untuk tidak melakukannya karena anti-komunisme yang meluas di Taiwan pada saat itu.[3]

Pada tahun-tahun awal pendiriannya, Partai Buruh tumbuh dengan cukup pesat, dengan keanggotaannya terutama terdiri dari mantan tahanan politik Teror Putih, penyelenggara gerakan buruh dan kelas pekerja.[4] Namun partai tersebut tidak menuai sukses pada pemilihan wakil rakyat sampai pemilihan lokal 2009, ketika kandidat Partai Buruh Kao Wei-kai terpilih menjadi Dewan Kabupaten Hsinchu.[5] Setelah Kao terpilih, sebagian besar gaji bulanannya ( NT $80.000) dimasukkan kembali ke kas partai untuk mendanai kegiatan politik di masa depan.

Dalam pemilihan lokal 2018, Kao terpilih kembali menjadi Dewan Kabupaten Hsinchu, bersama veteran Partai Buruh Lo Mei-wen. Partai tersebut memenangkan total dua kursi di dewan daerah, mewakili kota Hukou dan Xinpu.

Ideologi[sunting | sunting sumber]

Partai Buruh secara nominal berideologi sosialis[6] dan memandang dirinya sebagai penerus ideologis Partai Komunis Taiwan.[7] Partai tersebut menentang sistem pemilihan di Taiwan, menyebutnya sebagai demokrasi borjuis, tetapi tetap berpartisipasi dalam pemilihan.[6]

Partai Buruh menentang kemerdekaan Taiwan dan mendukung penyatuan Taiwan dengan Tiongkok daratan.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^
    • Han tradisional: 勞動黨
    • Pinyin Mandarin: Láodòng Dǎng
    • Hokkien: Lô-tōng Tóng
    • Bahasa Hakka Sixian: Lò-thung Tóng

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Party Supporters Burns U.S. Flags, Hurl Eggs". Free Voice of China. Broadcasting Corporation of China. U.S. Foreign Broadcast Information Agency. 2 Desember 1995. Diakses tanggal 13 Februari 2021. 
  2. ^ a b Lin Chun-hsiang (林群翔). "勞動黨 勞工的專屬政黨". Vitality News (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 March 2016. Diakses tanggal 23 April 2020. 
  3. ^ "台灣勞動黨主席吳榮元:兩岸統一成功依賴誰". Sina Magazine (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-23. Diakses tanggal 8 May 2020. 
  4. ^ "台灣勞動黨主席吳榮元:兩岸統一成功依賴誰". Sina Magazine (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-23. Diakses tanggal 8 May 2020. 
  5. ^ "98年縣市議員選舉(區域) 候選人得票數" (dalam bahasa Tionghoa). Central Election Commission. 5 December 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 October 2014. 
  6. ^ a b c "勞動黨簡介". laborparty.tw (dalam bahasa Tionghoa). Labor Party (Taiwan). Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 December 2019. Diakses tanggal 22 April 2020. 
  7. ^ Qin Feng (秦风). "台湾地下共产党员的命运". Guangming Daily (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 August 2012. Diakses tanggal 21 April 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]