Pari tutul-biru ekor-pita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pari tutul-biru ekor-pita
Taeniura lymma
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN39412
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasChondrichthyes
OrdoMyliobatiformes
FamiliDasyatidae
GenusTaeniura
SpesiesTaeniura lymma
Forsskål, 1775
Tata nama
Sinonim takson
  • Raja lymma Forsskål, 1775
  • Trygon ornatus Gray, 1830
Distribusi

Range of the bluespotted ribbontail ray

Pari tutul-biru ekor-pita (Taeniura lymma) adalah sebuah spesies pari myliobatoid pada famili Dasyatidae. Pari ini dapat ditemukan dari zona intertidal hingga kedalaman 30 m, dan sering dijumpai diseluruh Samudra Pasifik barat dan Samudera Hindia tropis didekat pesisir dan habitat-habitat dekat terumbu karang. Spesies ini lumayan kecil, tidak sampai melewati 35 cm (14 in) lebarnya, dengan cakram sirip pektoral lonjong, mata yang besar, dan ekor yang relatif pendek dan tebal. Spesies ini mudah diidentifikasikan dengan pola tutul-tutul biru muda pada latarbelakang kekuningannya, dan sepasang garis biru di ekor.

Saat malam hari, pari-pari ini berkumpul mengikuti air pasang ke dataran berpasir untuk mencari makanan, yaitu invertebrata bentik kecil dan ikan bertulang di sedimen. Saat surut, mereka kembail berlindung di terumbu karang. Pari ini, seperti pari lainnya, adalah sebuah hewan ovovivipar, dengan betina dapat menghasilkan hingga 7 anakan. Pari ini juga dapat menyakiti manusia dengan duri ekornya yang berbisa, meski biasanya lebih memilih kabur saat merasa terancam. Karena keindahan motif dan ukurannya, pari tutul-biru ekor-pita populer dikalangan kolektor akuarium, meski tidak cocok untuk hidup ditempat yang sempit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sherman, C.S.; Simpfendorfer, C.; Bin Ali, A.; Derrick, D.; Dharmadi, Fahmi, Fernando, D.; Haque, A.B.; Maung, A.; Seyha, L.; Tanay, D.; Utzurrum, J.A.T.; Vo, V.Q.; Yuneni, R.R. (2021). "Taeniura lymma". 2021: e.T116850766A116851089. doi:10.2305/IUCN.UK.2021-1.RLTS.T116850766A116851089.en.