Ovovivipar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perut bergetar yang disebabkan oleh pergerakan berudu yang menetas di dalam tubuh katak betina Limnonectes larvaepartus.

Ovovivipar adalah salah satu cara berkembang biak hewan dengan cara mengembangbiakan telur di dalam tubuh induknya, tetapi cadangan makanan yang diperoleh embrio berasal dari dalam telur tersebut bukan dari tubuh induknya.[1] Sel telur yang telah dibuahi menetas pada saluran telur (oviduk) sehingga hewan ovovivipar terlihat seperti melahirkan.[2] Kesan melahirkan ini didapat karena ketika keluar dari badan induknya sudah berbentuk utuh berbentuk anak.[2] Beberapa contoh binatang ovovivipar adalah hiu, ikan pari, reptil, kadal, dan beberapa jenis ular (ular sanca, ular boa, & ular piton).[3]

Proses pertama berkembang biak hewan ovovivipar adalah pembuahan di dalam badan induk betina. Proses pembuahan akan menghasilkan zigot yang akan tumbuh menjadi embrio pada telur. Zigot akan mendapatkan makanan dari cadangan makanan yang berada di dalam telur. Setelah zigot berkembang menjadi embrio dan mengalami pertumbuhan yang sempurna di dalam telur induk betina akan langsung melahirkan anaknya.[3]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tim Penyusun KBBI. "Ovovivipar". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2020-11-29. 
  2. ^ a b Winarsih, Sri (2020-09-21). Ensiklopedia Sains : Perkembangbiakan Makhluk Hidup, Air, Hidup Sehat, Gaya dan Gerak, Tata Surya. Semarang: Alprin. hlm. 23. ISBN 978-623-263-363-6. 
  3. ^ a b Haryanto, Alexander (21 September 2020). "Apa Perbedaan Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar?". tirto.id. Diakses tanggal 2020-11-29.