Palestina Brasil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bendera Negara Palestina Palestina Brasil Bendera Brasil
Palestino-brasileiro
Daerah dengan populasi signifikan
Aracaju, São Paulo, Curitiba
Bahasa
Bahasa Arab Palestina, Portugis
Agama
Katolik Roma dan Islam
Suku bangsa terkait
Orang Brasil dan orang Palestina lainnya
Orang kulit putih Brasil, khususnya Arab Brasil lainnya

Palestina Brasil (bahasa Portugis: Palestino-brasileiro) adalah orang-orang Brasil dengan keturunan Palestina, atau orang kelahiran Palestina yang berpindah ke Brasil.

Kelompok tersebut utamanya berada di Rio Grande do Sul yang kemudian menyebar ke enam kota. Sapucaia do Sul, Pelotas, Rio Grande, Chuí, Santa Maria, Venâncio Aires dan Porto Alegre (ibu kota negara bagian) adalah munisipalitas yang menjadi tempat tinggal bagi komunitas Palestina.

Sapucaia do Sul adalah tempat tinggal dari kepala pejabat Perhimpunan Arab Palestina Porto Alegre Besar, salah satu organisasi yang membantu penyambutan dan integrasi para pengungsi.[1]

Yang lainnya bermukim di negara bagian São Paulo, wilayah paling padat dan sejahtera di negara tersebut.[2]

Pengungsi Palestina di Brasil[sunting | sunting sumber]

Porto Alegre Besar ditinggali beberapa pengungsi Palestina

Setelah menjalani selama lebih dari empat tahun berada di sebuah kamp pengungsian di gurun Yordania, 100 pengungsi Palestina dari Irak pada akhirnya diantar ke rumah baru mereka - Brasil. Sebuah pernyataan dari UNHCR, berkata bahwa kelompok tersebut, yang meliputi anak-anak dan orang tua, akan mulai berpindah dari kamp pengungsian Rweished, 60 km dari perbatasan Yordania-Irak, ke Brasil pada bulan September. Partai pertama dari 35 pengungsi Palestina datang pada tanggal 21 September, ke Brasil untuk menginisiasikan fase pertama operasi pemukiman ulang. Pada bulan Oktober, dua partai lainnya akan datang ke Brasil dengan jumlah 117 orang secara keseluruhan. Para pengungsi akan dikirim ke negara baru mereka dalam tiga bagian, dengan prioritas diberikan kepada orang tua dan keluarga yang memiliki anak-anak.

Menurut rencana tersebut, sekitar 22 keluarga akan tinggal di negara bagian São Paulo, sementara 18 keluarga akan datang ke Rio Grande do Sul, wilayah tenggara dan selatan Brasil, kata pernyataan tersebut. Para pengungsi yang berusia lanjut akan ditempatkan pada sebuah rumah yang menyediakan obat-obatan.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-01-09. Diakses tanggal 2015-09-05. 
  2. ^ Informed Comment: Escobar on Palestinian Refugees in Brazil
  3. ^ "Arrival of a group of Palestinian refugees to Brazil | None | Embassy of Brazil in London". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-11-18. Diakses tanggal 2015-09-05. 

Templat:Topik Brasil