Caboclo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Patung yang menampilkan kelahiran seorang Caboclo.

Caboclo (pelafalan dalam bahasa Portugis: [kɐˈboklu], juga dibaca "caboco"; dari bahasa Portugis Brasil, yang diyakini berasal dari kata Tupi kaa'boc, yang artinya "orang yang memiliki kulit berwarna tembaga"[1]) adalah orang dari keturunan Brasil asli dan Eropa campuran (penggunaan pertama dan paling umum), atau secara orang keturunan Amerindian penuh yang berasimilasi secara budaya. Di Brasil, caboclo umumnya merujuk kepada jenis spesifik dari mestiço. Seseorang dengan keturunan orang kulit hitam sub-Sahara dan Brasil asli campuran dikenal sebagai "cafuzo."

Hari yang merayakan kelompok rasial di Brasil[sunting | sunting sumber]

Pada Brasil, "Hari Caboclo" (Dia do Caboclo), yang diadakan tahunan pada 24 Juni, merayakan jasa-jasa dan identitas caboclo asli dan keturunan mereka. Tanggal ini merupakan hari libur publik resmi di Negara Bagian Amazonas.

"Hari Ras Campuran" (Dia do Mestiço) yang dirayakan tahunan pada 27 Juni, tiga hari setelah Hari Caboclo, merayakan seluruh ras campuran Brasil, termasuk caboclo. Tanggal tersebut merupakan hari libur publik resmi di tiga negara bagian di Brasil.

"Hari Indian" (Dia do Índio), yang dirayakan tahunan pada 19 April, mensahkan dan menghormati penduduk asli di Brasil.

"Hari Kesadaran Kulit Hitam" (Dia da Consciência Negra) dirayakan tahunan pada 20 November sebagai hari "untuk merayakan sebuah kesadaran yang diraih oleh komunitas kulit hitam tentang penilaian dan jasa-jasa besar mereka kepada negara tersebut". Tanggal tersebut merupakan sebuah hari libur publik resmi di lima negara bagian Brasil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Caboclo". WordReference. WordReference.com. Diakses tanggal 13 Oktober 2012. 

Buku[sunting | sunting sumber]

  • Adams, C., Murrieta, R., & Neves, W. A. (2006). Sociedades caboclas amazônicas: modernidade e invisibilidade (1a ed.). Sâo Paulo: Annablume. ISBN 85-7419-644-4 and ISBN 978-85-7419-644-2
  • Nugent, S. (1993). Amazonian Caboclo Society: An Essay on Invisibility and Peasant Economy. Providence, RI: Berg. ISBN 0-85496-756-7

Artikel jurnal[sunting | sunting sumber]

  • Murrieta, R. S. S., Dufour, D. L., & Siqueira, A. D. (1999). "Food consumption and subsistence in three Caboclo populations on Marajo Island, Amazonia, Brazil," Human Ecology, 27(3), 455-475.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]