Terminologi warna untuk ras

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta tahun 1851 dari lima ras karya Johann Friedrich Blumenbach, dilabeli "Kaukasia atau Putih", "Mongolia atau Kuning", "Aethiopia atau Hitam, "Amerika atau Warna Tembaga" dan "Melayu atau Warna Zaitun".

Templat:Ras Mengidentifikasikan ras dalam hal warna kulit, setidaknya pada salah satu karakteristik psikologi, telah menjadi hal umum sejak zaman kuno. Melalui sastra rabinikal, pembagian tersebut diraih dalam pembelajaran modern awal, kebanyakan dalam empat sampai lima kategori. Telah lama diakui bahwa jumlah kategori bersifat arbiter dan subyektif. François Bernier (1684) meragukan validitas pemakaian warna kulit sebagai karakteristik rasial, dan Charles Darwin memajukan perbedaan bertahap antara kategori-kategori.[1]

Kategorisasi modern dicetuskan di Göttingen School of History pada akhir abad ke-18 – sesuai dengan istilah-istilah Alkitab untuk ras Semitik, Hamitik dan Yafetik – membagi umat manusia dalam lima ras berwarna: "Kaukasia atau Putih", "Mongolia atau Kuning", "Aethiopia atau Hitam", "Amerika atau Ras Merah" dan "Melayu atau ras Coklat".

Referensi[sunting | sunting sumber]