Palatinate (wilayah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Palatinate
Palatinate Rhine
Die Pfalz
Wilayah historis di Jerman
Bendera Palatinate Palatinate Rhine
Lambang kebesaran Palatinate Palatinate Rhine
Peta Negara Bagian Rhineland-Palatinate modern dengan wilayah Palatinate disoroti dan lebih lanjut dibagi dalam sub-region: Palatinate Utara (hijau), Palatinate Depan (kuning), Palatinate Selatan (biru) dan Palatinate Barat (merah)
Peta Negara Bagian Rhineland-Palatinate modern dengan wilayah Palatinate disoroti dan lebih lanjut dibagi dalam sub-region:
Palatinate Utara (hijau), Palatinate Depan (kuning), Palatinate Selatan (biru) dan Palatinate Barat (merah)
DemonimPalatine
Pfälzer

Palatinate (Jerman: Pfalz; Jerman Palatinate: Palz), atau Palatinate Rhine (Rheinpfalz), adalah wilayah historis di Jerman. Sebelum Perang Dunia II, wilayah ini juga disebut sebagai Bavaria Rhine; sebagai negara bagian di Kekaisaran Romawi Suci, wilayah ini dikenal sebagai Palatinate Hilir (Unterpfalz),[1][2] yang menunjuk hanya bagian barat Elektorat Palatinate (Kurfürstentum Pfalz), berkebalikan dengan Palatinate Hulu (Oberpfalz).[3] Wilayah ini mencakup secara kasar seperempat paling selatan negara bagian Jerman Rhineland-Palatinate (Rheinland-Pfalz), meliputi wilayah 2.105 mil persegi (5.450 km2) dengan 1,4 juta penduduk. Penduduknya dikenal sebagai Palatine (Pfälzer).

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Heilprin, Angelo; Heilprin, Louis; Raza, Moonis (1906). Geographical Dictionary of the World. Concept Publishing Company. hlm. 1392. 
  2. ^ "Rhenish Palatinate - Encyclopedia Volume - Catholic Encyclopedia - Catholic Online". Catholic Online. Diakses tanggal 20 March 2018. 
  3. ^ "Palatinate". Encyclopædia Britannica. August 20, 2020. Diakses tanggal July 28, 2021. 

Koordinat: 49°26′N 7°46′E / 49.433°N 7.767°E / 49.433; 7.767