PARS 3 LR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eurocopter Tiger Angkatan Darat Jerman dipersenjatai dengan PARS 3

PARS 3 LR dalam pelayanan Jerman, juga dikenal sebagai TRIGAT-LR (Third Generation antitank, Long Range) dan AC 3G di Perancis, adalah rudal fire and forged, yang dapat digunakan terhadap target udara atau darat. Rudal ini dimaksudkan untuk aplikasi jarak jauh dan dirancang untuk mengalahkan tank, helikopter, dan target individu lainnya, sambil meminimalkan paparan kendaraan peluncur terhadap tembakan musuh. Ini akan menjadi sistem senjata utama helikopter UHT Eurocopter Tiger. PARS 3 LR akan dapat ditembakkan dalam salvo hingga empat dalam delapan detik. Rudal dapat diterapkan dalam serangan langsung atau serangan atas mode. Senjata itu dalam pengembangan desain pada 1988-2011 diproduksi sejak 2012 sampai sekarang. Senjata itu beratnya 49 kilograms, bobot hulu ledak 9 kg (tandem HEAT), bermesin roket padat, jarak tembak maksimum 7 kilometres, kecepatan maksimum 1,044 kilometres per jam, dengan sistem panduan passive IR dan target sensor television CCD terpasang dalam rudal yang diluncurlan helicopter.'[1][2]

Rudal anti-tank PARS 3 LR sedang dibeli sebagai persenjataan utama helikopter tempur TIGER Bundeswehr, yang dirancang khusus untuk menyerang target darat. Diehl Defense mengembangkan seeker IR berkinerja tinggi untuk pelacakan target yang akurat dan andal. Algoritme pemrosesan gambar yang kompleks memberikan probabilitas pemogokan yang tinggi bahkan dalam skenario yang sulit. Rudal tersebut dipasarkan oleh PARSYS GmbH, perusahaan patungan Diehl Defense dan MBDA Deutschland.

Pada tanggal 30 Juni 2006, kontrak pengadaan sistem senjata api-dan-lupa presisi Jarak Jauh PARS 3 ditandatangani di Koblenz oleh Kantor Federal Teknologi Pertahanan dan Pengadaan (BWB), LFK-MBDA Deutschland dan Diehl BGT Defence. PARS 3 LR (rudal generasi ketiga/jarak jauh) adalah persenjataan utama untuk helikopter Tiger yang dipesan oleh Angkatan Darat Jerman. Kontrak untuk industrialisasi dan produksi seri rudal PARS 3 LR akan dikelola oleh PARSYS, perusahaan patungan antara LFK GmbH (50%), sekarang bagian dari MBDA, dan Diehl BGT Defense (50%). Kontrak senilai EUR 380 juta, mencakup industrialisasi dan pengiriman 680 rudal untuk Angkatan Darat Jerman pada tahun 2014. PARS 3 LR dikembangkan untuk helikopter pendukung Tiger untuk mengalahkan target bernilai tinggi yang diperkeras dari jarak hingga 7.000 meter. Rudal fire-and-forget baru memungkinkan helikopter untuk berhenti dari posisinya segera setelah menembak, sehingga meningkatkan kemampuan bertahan platform dan kru. Pencari seeker inframerah pasif yang dikombinasikan dengan sistem optik, memungkinkan identifikasi dan ketepatan target yang jelas dan penunjukan target dalam jangkauan.

Program ini diprakarsai oleh Jerman, Prancis dan Inggris. Setelah Inggris mundur, hanya Jerman dan Prancis yang tersisa. Pabrikannya adalah Parsys GmbH, perusahaan patungan antara MBDA Deutschland GmbH dan Diehl BGT Defense. Versi yang lebih ringan, jarak menengah dan portabel yang disebut Trigat-MR (MR untuk Jangka Menengah) juga direncanakan; itu kemudian dibatalkan. Proyek ini berkembang menjadi sistem Trigan yang diusulkan, yang didasarkan pada pos penembakan MILAN 3 dan rudal Trigat-MR. Prancis menarik diri dari program pada tahun 2004. Pada tanggal 30 Juni 2006, Jerman memesan 680 rudal PARS 3 LR seharga € 380 juta. Pengiriman dimulai pada tahun 2012.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]