Orang Achang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Achang
Pakaian wanita Achang
Jumlah populasi
~29.000
Daerah dengan populasi signifikan
Republik Rakyat Tiongkok, terutama terkonsentrasi di provinsi Yunnan, dan populasi yang lebih kecil di Myanmar
Bahasa
Achang, Xiandao (SIL, khan31tao31), Burma, dan Mandarin Barat Daya
Agama
Buddhisme Theravada, Taoisme, dan campuran animisme dengan pemujaan leluhur.
Kelompok etnik terkait
Bamar, Rakhine, Marma, dan orang Sino-Tibet lainnya

Achang (Hanzi: 阿昌族; Pinyin: Āchāngzú), juga dikenal sebagai Ngac'ang (nama mereka sendiri) adalah kelompok etnik. Mereka merupakan salah satu kelompok berbahasa Tibeto-Burma. Mereka merupakan salah satu dari 56 kelompok etnik yang diakui secara resmi oleh Republik Rakyat Tiongkok. Mereka juga mendiami Myanmar, dengan dikenal sebagai Maingtha (Burma: မိုင်းသာလူမျိုး) di Negara Bagian Shan dan Ngochang di Negara Bagian Kachin.

Achang berjumlah 27.700, 27.600 di antaranya dari provinsi Yunnan, utamanya di County Lianghe, Prefektur Otonom Dehong. Achang menuturkan bahasa Burmish (yang terkait dengan bahasa Burma) yang disebut sebagai bahasa Achang,[butuh rujukan] tetapi tidak ada sistem penulisan asli untuk menuliskannya. Aksara Tionghoa sering digunakan. Banyak Achang juga menuturkan bahasa Tai Lü, utamanya untuk melakukan transaksi komersial dengan orang Dai.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Achang Ethnic Minority". ChinaCulture.org. Ministry of Culture. 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-03. Diakses tanggal 2007-01-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Kelompok etnik di Tiongkok Templat:Kelompok etnik di Myanmar