Oo..lea...leo...!!!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Oo..lea...leo...!!!
Oo..Lea...Leo...!!! sampul.jpg
Album studio karya Padhyangan Project
Dirilis3 September 1993
Direkam1993
GenrePop, Parodi
LabelMusica Studio's
ProduserSendjaja Widjaja
Kronologi Padhyangan Project
Oo..lea...leo...!!! (1993) Jilid 2
(1994)Jilid 21994

Oo..lea...leo...!!! adalah album studio pertama yang dirilis kelompok komedi Padhyangan Project asal Bandung, Indonesia pada tahun 1993. Padhyangan Project adalah sekumpulan mahasiswa dua kampus besar di Bandung (Universitas Padjadjaran dan Parahyangan). Mereka sudah eksis sejak lama di Bandung, spesifikasi mereka adalah memparodikan lagu-lagu atau tampil di panggung dengan lawakan ala parodi kabaret.

Sebelum merilis album ini, mereka sempat mengisi acara tetap di Radio OZ Bandung, sampai kemudian mereka mendapat kesempatan untuk merekam album pertama mereka. Padhyangan Project dikenal telah punya banyak personel, tetapi untuk proyek album ini, yang mengisi adalah personel 'papan atas' merekaa, yaitu anggota yang sudah dikenal luas, antara lain Iyang Dharmawan, Denny Chandra, Denden Herman, Iszur Muchtar, Daan Aria, Wawan Hanura dan Joehana. Sesuai dengan 'keahlian' mereka berparodi, maka album ini juga berisi lagu-lagu kondang yang diparodikan.

Setelah dirilis, album ini menjadi populer dan sukses besar di Indonesia saat itu. Lagu "Nasib Anak Kost" yang merupakan versi parodi dari lagu "That's The Way Love Goes" yang dibawakan Janet Jackson menjadi hits besar. Dan memang, karena semua lagu sudah familiar, ditambah lirik yang kocak, membuat album ini juga laris manis di pasaran. Kelak kemudian, anggota Padhyangan Project ini melepaskan diri dan berganti nama menjadi P-Project. Sedangkan Padhyangan Project yang asli mengeluarkan album yang kurang sukses di pasaran dengan nama Padhyangan 6.

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

  1. "Nasib Anak Kost" ("That's The Way Love Goes" - Janet Jackson)
  2. "Good Bye Ayu" ("Good Bye" - Air Supply)
  3. "Waktu Istirahat" ("In The Still Of The Night" - Boyz II Men)
  4. "Kalau Sempet" ("A Whole New World" - Celine Dion & Peabo Bryson)
  5. "Cantik Tapi Bau" ("I Still Believe In U" - Vince Gill)
  6. "Kambing Liar" ("Come As You Are" - Nirvana)
  7. "Tuk Ibu" ("Two Princess" - Spin Doctors)
  8. "Disikut" ("I Feel Good" - James Brown)
  9. "Bapakmu" ("Run To You" - Whitney Houston)
  10. "Jeep Pak Camat" ("Silk Pyjamas" - Thomas Dolby)

Dampak budaya populer[sunting | sunting sumber]

Sukses album Oo..lea...leo...!!! dan album Padhyangan Project selanjutnya, yaitu Jilid 2 (1994) telah menciptakan trend baru di dunia musik Indonesia saat itu, yaitu munculnya album-album parodi lagu-lagu hits. Tercatat penyanyi pop terkenal seperti Melly Goeslaw saat tergabung dalam grup musik Ninayangan pernah merilis album berjudul Nasib Ibu Kost.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]