Telur dadar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Omelet)
Telur dadar
Blond unbrowned omelet with mushrooms and herbs.jpg
Telur dadar pirang yang tidak kecokelatan dengan jamur dan rempah-rempah
Nama lainOmelet
SajianSarapan, kudapan pagi (brunch)
Tempat asalIran kuno[1][2]
Suhu penyajianPanas
Bahan utamaTelur, mentega atau minyak goreng
Telur dadar. Makanan lauk pauk ini bila dikonsumsi dapat meringankan gejala sakit kepala akibat demam influensa. Untuk anak-anak lebih menyukai telur dadar kecap. Varian telur dadar lainnya adalah martabak, kerak telor, dadar roti, telur gulung, dadar tahu atau kentang, dadar bumbu rendang dan lain sebagainya.
Roti dan dadar untuk sarapan.

Telur dadar atau omelet adalah variasi hidangan telur goreng yang disiapkan dengan cara mengocok telur dan menggorengnya dengan minyak goreng atau mentega panas pada sebuah wajan. Telur dadar dan omelet sebenarnya hanya memiliki sedikit perbedaan dimana tekstur omelet lebih lembut dan empuk dibandingkan dengan telur dadar.[3] Telur dadar adalah salah satu hidangan yang banyak dipilih sebagai salah satu menu andalan untuk sarapan sebab kemudahan dalam proses pembuatannya.[4] Saat ini banyak terdapat jenis telur dadar beberapa diantaranya adalah telur dadar Minang (padang dan telur dadar ala Korea.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Davidson2014
  2. ^ Anderson, Heather Arndt (2013-07-11). Breakfast: A History (dalam bahasa Inggris). AltaMira Press. hlm. 65. ISBN 9780759121652. 
  3. ^ "7 Cara Membuat Omelet yang Empuk, Lembut, dan Gurih". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). 2018-05-10. Diakses tanggal 2022-04-25. 
  4. ^ Liputan6.com (2018-11-17). "Cara Membuat Telur Dadar Enak dan Mudah, Cocok Buat Sarapan". liputan6.com. Diakses tanggal 2022-04-25.