Telur orak-arik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Telur orak-arik
Scrambled eggs-01.jpg
Telur orak-arik standar
Nama lainOrak-arik telur
Telur acak
Telur kacau
Scrambled eggs
Bahan utamaTelur
Bahan yang umum digunakanGaram
Telur orak-arik

Telur orak-arik (bahasa Inggris: scrambled eggs) adalah makanan yang terbuat dari telur (biasanya telur ayam) diaduk atau dikocok bersama dalam wajan atau penggorengan saat dipanaskan dengan lembut, biasanya ditambahkan garam, mentega, dan bahan lainnya yang bervariasi.[1]

Proses penyajian[sunting | sunting sumber]

Proses memasak telur orak-arik

Hanya telur yang diperlukan untuk membuat telur orak-arik,[2] tapi garam dan merica sering digunakan, dan bahan lainnya seperti air, susu, mentega, daun bawang, krim atau dalam beberapa kasus crème fraiche atau keju parut dapat ditambahkan. Telur dipecahkan ke dalam sebuah mangkuk; dengan sedikit tambahan garam dan merica, dan campurannya diaduk secara manual menggunakan sendok atau diaduk menggunakan whisk: alternatifnya, telurnya langsung dipecahkan ke dalam wajan atau wajan panas, dan putih dan kuning telur diaduk bersamaan saat mereka dimasak. Lada hitam juga kadang digunakan sebagai bumbu tambahan.[3][4] Hasil yang lebih konsisten dan jauh lebih cepat diperoleh jika sejumlah kecil pengental seperti tepung, tepung maizena, atau tepung kentang ditambahkan; Hal ini memungkinkan memasak lebih cepat dengan mengurangi risiko overcooking/ terlalu matang, bahkan bila menggunakan sedikit mentega.[5]

Campuran tersebut dapat dituangkan ke dalam panci panas yang mengandung mentega cair atau minyak, di mana ia mulai mengental.[6] Naikkan panas dan telur diaduk saat mereka dimasak. Ini menciptakan hasil kocokan telur yang lembut. Tidak seperti panekuk atau telur dadar yang hampir tidak pernah kecoklatan. Panci tipis lebih disukai untuk mencegah telur menjadi kecoklatan. Dengan pengadukan terus menerus, dan tidak membiarkan telur menempel ke wajan, telur itu sendiri akan menjaga suhu panci di sekitar titik didih air, sampai mereka mengental.

Setelah tingkat kekentalan telur pas, bahan tambahan seperti ham, daun herbal, keju atau krim[6] bisa ditambahkan di atas api yang telah dikecilkan sampai tercampur. Telur biasanya sedikit undercooked (belum matang sempurna) bila dikeluarkan dari panas, karena telur akan terus diaduk. Jika cairan apapun merembes dari telur (syneresis), ini adalah tanda belum matang, terlalu matang, atau menambahkan sayuran dengan kadar rendah.

Telur orak-arik bisa dimasak dalam oven microwave,[7] dan juga bisa disiapkan dengan menggunakan sous-vide cooking, yang memberikan tekstur lembut halus dan hanya membutuhkan satu kali pencampuran saat memasak.[8] Teknik lain untuk memasak telur orak-arik adalah menyemprotkan uap ke dalam telur dengan mentega melalui tongkat uap (seperti yang ditemukan pada mesin espresso).[9]

Variasi[sunting | sunting sumber]

Varian telur orak-arik dan bawang yang berasal dari Filipina
Video yang menjelaskan langkah membuat telur orak-arik menggunakan keju dan potongan jamur sebagai bahan tambahan
  • Gaya Amerika – Dengan gaya Amerika, telur-telur itu diaduk ke tengah wajan saat mengatur tingkat kekentalannya, menghasilkan kekentalan lebih besar.[2]
  • Egg bhurji – Varian telur orak-arik dari India. Penambahan bumbu meliputi bawang merah, cabai hijau, jahe cincang, kunyit bubuk dan tomat cincang. Disiram dengan ketumbar hijau cincang dan dimakan dengan roti. Varian lain dari egg bhurji adalah Parsi akuri.
  • Gaya Inggris – Dengan gaya Inggris, telur orak-arik diaduk dengan sangat teliti saat memasak untuk memberikan tekstur lembut dan halus.[2]
  • Dalam metode memasak klasik Prancis, Escoffier menjelaskan penggunaan boiler ganda sebagai sumber pemanas,[10][11] yang tidak memerlukan penyesuaian seperti metode pemanasan langsung. Telur dalam wajan langsung ditempatkan di kompor dan dicampur selama pemanasan dan tidak sebelumnya. Memasak dengan metode ini mencegah telur dari kecoklatan saat dimasak dan menghasilkan busa serta tekstur yang pekat seperti krim.[11] Metode ini digunakan di "dapur klasik kuno" dan menjamin telur selalu dimasak dengan sempurna; Namun, ini lebih memakan waktu daripada metode modern, membutuhkan waktu hingga 40 menit untuk memastikan kualitas telur orak-arik yang dihasilkan sempurna.[10]
  • Telur orak-arik, sebagaimana disebut "scrambled eggs" di Amerika Serikat dan Inggris, disebut sebagai "fried egg" di Nigeria. Sebuah mai shai atau warung makan kecil membuat telur orak-arik hingga teksturnya sangat renyah atau garing.[12]
  • Migas – hidangan Tex-Mex (jangan dikelirukan dengan hidangan dari Iberia dengan nama yang sama) yang terdiri dari telur orak-arik ditambah dengan potongan tortilla jagung, yang bisa ditambahkan sayuran dan daging.
  • Telur orak-arik dan bawang – Varian telur orak-arik lainnya yang dimakan di Filipina. Bawangnya digoreng terlebih dahulu kemudian campuran telur dituangkan ke atasnya untuk dimasak, atau bawangnya dicampur dengan campuran telur lalu dituangkan di atas wajan.
  • Perico – adalah hidangan dari Venezuela dan Kolombia yang menyajikan telur orak-arik, mentega, tumis potongan dadu bawang, dan tomat. Kadang-kadang keju putih juga ditambahkan.[13] White cheese is also sometimes used.[14]
  • Scotch woodcock – Varian Inggris lainnya dari telur orak-arik, disajikan di atas roti panggang yang telah dioles dengan pasta ikan Gentleman's Relish.[15]
  • Scrambled eggs à l'arlésienne – dengan bubur zukini (courgette) dan fondue tomat rasa bawang putih terkonsentrasi disajikan di mangkuk berlubang dan ditaburi keju Parmesan.
  • Scrambled eggs à l'américaine – dengan daging asap yang digoreng, diberi hiasan daging panggang dan potongan tomat panggang kecil.[16]
  • Telur orak-arik dengan digüeñes – sebuah variasi dari masakan Cile dimana telurnya digoreng bersama jamur Cyttaria espinosae asli, atau kadang bayam.
  • Telur orak-arik dengan sucuk atau pastırma; sucuklu yumurta dan pastırmalı yumurta selengkapnya – telur orak-arik dicampur dengan sosis daging sapi Turki, atau daging sapi kering yang dimurnikan. Ini dimasak dalam sahan (hidangan cemilan) dengan mentega atau minyak zaitun. Beberapa tomat bisa ditambahkan. Di Turki dan Mesir itu dimakan secara teratur untuk sarapan pagi.
  • Telur orak-arik kecap – telur orak-arik dicampur kecap yang umum dimakan, salah satunya di Asia termasuk Indonesia. Sering juga dimakan bersama bubur nasi.
  • Tomat goreng dan telur orak-arik – salah satu makanan utama yang umum di Tiongkok. Cepat dan mudah disiapkan, dan menjadi favorit di kalangan remaja dan mahasiswa. Ini juga biasa dimakan di Filipina.

Gaya penyajian[sunting | sunting sumber]

Telur orak-arik dengan bacon dan pancake

Persiapan masakan haute klasik menyerukan untuk menyajikan telur orak-arik pada piring perak yang dalam. Mereka juga bisa disajikan dalam croissades kecil yang terbuat dari brioche atau wadah berlubang.[10] Saat dimakan untuk sarapan pagi, telur orak-arik sering menemani roti panggang, bacon, salmon asap, kentang goreng, tongkol, panekuk, ham, atau sosis. Bumbu yang populer disajikan dengan telur orak-arik termasuk kecap, saus pedas, dan saus Worcestershire.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Liesa Cole, L.J.L. Quick and Easy Cooking: Meals in Minutes. Globe Pequot. hlm. 50. ISBN 978-1-59921-754-3. Diakses tanggal 21 Agustus 2017. 
  2. ^ a b c "How To Make Perfect Scrambled Eggs - 3 ways". Jamie Oliver. YouTube. Diakses 21 Agustus 2017.
  3. ^ Berolzheimer, R. (1988). Culinary Arts Institute Encyclopedic Cookbook. Perigee Series. Perigee Books. hlm. 287. ISBN 978-0-399-51388-6. Diakses tanggal 21 Agustus 2017. 
  4. ^ Simon, Alexander (7 Agustus 2017). "How to make scrambled eggs in a microwave, without dirtying a pan". Standard Republic. Diakses tanggal 21 Agustus 2017. 
  5. ^ Miglore, Kristen (29 Mei 2015). "Cornstarch in scrambled eggs makes them magically creamy in 15 seconds". Slate Magazine. Diakses tanggal 21 Agustus 2017. 
  6. ^ a b Smith, Delia (2005). "Scrambling eggs". Complete cookery course. London: BBC Books. hlm. 23. ISBN 0-563-36249-9. 
  7. ^ Dobrowolski, J. (1996). Cheap and Easy Cooking: The Survival Guide for College Students. S.K.I. Publishing Company. hlm. 17. ISBN 978-0-9654612-0-7. Diakses tanggal 21 Agustus 2017. 
  8. ^ Heston Blumenthal at home: Scrambled eggs with brown butter
  9. ^ "Chef Jody Williams Shows Me How to Steam Scramble Eggs". FoodMayhem. 17 April 2012. Diakses tanggal 21 Agustus 2017. 
  10. ^ a b c Escoffier, 157
  11. ^ a b McClusky: Ontario Garlic: The Story from Farm to Festival
  12. ^ Kperogi, Farooq (2014-01-26). "Q and A on the grammar of food, usage and Nigerian English". Daily Trust. Diakses tanggal 2017-02-23. 
  13. ^ de Silva, J. Venezuelan Cookbook - Classic Venezuelan Recipes:. Springwood emedia. hlm. 6. ISBN 978-1-301-28379-8. Diakses tanggal August 21, 2017. 
  14. ^ Kraig, B.; Sen, C.T. (2013). Street Food Around the World: An Encyclopedia of Food and Culture. ABC-CLIO. hlm. 391. ISBN 978-1-59884-955-4. Diakses tanggal August 21, 2017. 
  15. ^ Vaughan, B. (2015). Egg: The Very Best Recipes Inspired by the Simple Egg. Orion Publishing Group. hlm. 37. ISBN 978-0-297-87161-3. Diakses tanggal August 21, 2017. 
  16. ^ Robuchon, 17

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Escoffier, Georges Auguste. Escoffier: The Complete Guide to the Art of Modern Cookery. Translated by H. L. Cracknell and R.J. Kaufmann. New York: John Wiley and Sons, 2002
  • FoodMayhem.com. Chef Jody Williams Shows Me How to Steam Scramble Eggs. New York: FoodMayhem.com, 2009.
  • McGee, Harold. On Food and Cooking: The Science and Lore of the Kitchen. New York: Scribner, 2004.
  • Robuchon, Joël, Members of the Gastronomic Committee. Larousse Gastronomique. New York: Clarkson Potter/Publishers, 2001.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]