Oman Air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Oman Air
Oman Air Logo.svg
IATA ICAO Kode panggil
WY OMA OMAN AIR
Didirikan 1993
Penghubung Bandara Internasional Muscat, Oman
Program penumpang setia Sinbad Frequent Flyer [1]
Lounge bandara Oman Air Lounge
Anak perusahaan
  • Oman Air Cargo [2]
  • Oman Air Catering [3]
  • Oman Air Engineering [4]
  • Oman Air Holiday [5]
Armada 27 [6]
Tujuan 45 (Termasuk Rute Code Sharing) [7]
Slogan Modern Vision, Timeless Tradition...
Perusahaan induk Kesultanan Oman
Kantor pusat Bandara Internasional Muscat, Oman
Tokoh utama Wayne Pearce(CEO)
Situs web www.omanair.com

Oman Air (Arab: الطيران العماني‎) adalah maskapai penerbangan kesultanan Oman. Dimulai sebagai maskapai regional, Oman Air telah membuat perkembangan yang cepat sejak didirikan. Di sekitar Teluk Arab,Oman Air telah memainkan peran utama dalam membuat Muscat sebagai hub utama di Timur Tengah yang menyediakan untuk kegiatan komersial, industri dan pariwisata. Oman Air yang merupakan maskapai nasional Oman, terus mempertahankan standar yang tinggi dalam semua operasinya dengan melibatkan armada yang terdiri dari pesawat modern yang efisien dan dilengkapi dengan interior yang bernilai tinggi dalam kualitasnya dan tidak hanya itu saja, Oman Air juga melengkapi setiap interior pesawatnya dengan peralatan modern. Di samping itu semua, maskapai ini juga selalu melakukan uji keselamatan udara dengan standar internasional.[8]

Awal Hingga Kini[sunting | sunting sumber]

Boeing 737-300 Oman Air yang salah satunya dipinjam dari AIr Pegasus Turki.

Sejarah Oman Air dapat di telusuri pada tahun 1970, ketika Oman International Services (OIS) didirikan. Perusahaan sipil ini menjadi penyedia ground handling di Beit Al Falaj Airport.[9] Pada tahun 1972, OIS memindahkan operasionalnya ke terminal baru di Bandar Udara Internasional Seeb. Pada tahun 1977, perusahaan ini menjadi bagian dari Gulf Air dalam bidang teknik pesawat, hal ini membuat OIS sebagai penyedia keteknologian maskapai mengalami perkembangan yang pesat dalam pembangunan beberapa fasilitas, termasuk hanggar, pengembangan SDM & pemeliharaan pesawat.

Memasuki tahun 1993, ketika krisis mendera maskapai Gulf Air, pemerintah Oman yang tidak ingin ikut ke dalam pusaran krisis yang diakibatkan oleh Perang Teluk I membuat pemerintah akhirnya meresmikan pendirian dari Oman Air. Operasional pertama maskapai ini dimulai pada bulan Maret dengan pesawat Boeing 737-300 dari Ansett World Airways Services yang terbang dari Muskat ke Salalah.[10] Pada bulan Juli tahun yang sama, penerbangan internasional pertama maskapai dioperasikan ke Dubai , dengan menggunakan pesawat yang sama. Dibulan-bulan berikutnya, Penerbangan ke tujuan lain diluncurkan ke Trivandrum mulai November, Kuwait dan Karachi pada bulan Januari 1994, dan Kolombo pada bulan Oktober. Pada tahun 1995, dua Airbus A320 yang disewa dari Region Air Singapura didatangkan untuk menggantikan armada sebelumnya. Sepanjang tahun 1995 hingga 1997, berbagai layanan diluncurkan ke Mumbai, Dhaka, Abu Dhabi dan Doha serta Chennai. Pada bulan Oktober 1998, Oman Air bergabung dengan organisasi avasi terbesar dunia, Internasional Air Transport Association (IATA). Pada akhir tahun, Gwader, Peshawar, Jeddah dan Al-Ain dimasukkan dalam jaringan rute.

Airbus A330-300 Oman Air ini menampilkan logo barunya setelah diambil alih oleh pemerintah Oman melalui pembelian saham sebanyak 99,8 %.

Pada bulan Maret 2007, Pemerintah Oman melakukan penambahan jumlah saham yang sebelumnya memiliki 33 % kepemilikan berubah menjadi 80 %. Hal ini juga membuat Oman Air akan kembali membuat rencana strategis, dengan kemungkinan untuk memasuki pasar jarak jauh. Hal ini memuncak dalam pengumuman oleh pemerintah pada bulan Mei 2007 bahwa mereka akan menarik diri dari Gulf Air dan berkonsentrasi pada pengembangan Oman Air.[11] Oman Air juga meluncurkan penerbangan ke Bangkok dan London sebagai langkah awal mereka dalam rerasionalisasi pada rute mereka. Hadirnya pesawat baru seperti Airbus A330-200 membuat pembukaan rute jarak jauh yang baru menjadi lebih mungkin dibuka dengan cepat dan akhirnya pemerintah Oman meningkatkan kepemilikan saham hingga 99,8% di maskapai ini.[12] Dengan melihat banyak perubahan yang menghasilkan hal yang positif, tampaknya maskapai ini akan menjalani kemajuan yang baik pada masa depan nanti.

Code Sharing Agreement & Destinasi[sunting | sunting sumber]

Oman Air melayani rute ke 54 kota di sepanjang benua Asia, Afrika & Eropa (Termasuk dengan rute domestik). Berikut maskapai yang melakukan hubungan Code Sharing dengan Oman Air[13]:

Kelas Maskapai[sunting | sunting sumber]

Oman Air memiliki 3 kelas kursi yang berbeda. Baru-baru ini maskapai meluncurkan kelas terbaru yang bernama First Class. Berikut pembagian dari semua kelas tersebut:

First Class[sunting | sunting sumber]

First Class merupakan produk kelas utama maskapai ini. Produk ini diperkenalkan selang beberapa bulan kemudian setelah armada A330-300 datang. Berikut spesifikasi dari First Class [14]:

  • Kursi yang dapat direbahkan hingga 180' menggunakan sistem kontrol elektrik.
  • Kursi yang dapat memanjang hingga 85.5 Inch dengan lebar 25.5 Inch.
  • Ruangan khusus untuk penyimpanan baju
  • Lemari terintegrasi dengan sandaran tangan yang bisa diisi.
  • Colokan listrik untuk PC, colokan USB & AVOD Screen 23 Inch serta Wireless Headset yang mampu mengurangi kebisingan kabin.

Business Class[sunting | sunting sumber]

Business Class sebelumnya pernah menjadi layanan tertinggi di Oman Air. Berikut beberapa kenyamanan yang dapat dinikmati di Business Class Oman Air [15]:

  • Kursi yang dapat diluruskan hingga 180' dengan menggunakan sistem kontrol elektrik.
  • Kursi yang dapat memanjang hingga 82 Inch dengan kelebaran hingga 22 Inch.
  • Lemari terpadu yang dikombinasikan dengan sandaran tangan.
  • Colokan listrik untuk PC, colokan USB & AVOD Screen 17 Inch.

Economy Class[sunting | sunting sumber]

Economy Class memiliki fasilitas seperti berikut [16]:

  • Luas bersandar kaki hingga 34 Inch.
  • Kursi yang dilengkapi dengan sandaran kepala yang dapat disesuaikan & sandaran tangan yang cukup.
  • AVOD Screen 10,6 Inch.
  • Colokan listrik & USB yang ditempatkan secara bersamaan.

Layanan Sebelum Keberangkatan/Kepulangan[sunting | sunting sumber]

Layanan Pengemudi Chaffeur[sunting | sunting sumber]

Maskapai Oman Air dalam mengembangkan kenyamanan penumpang, tidak hanya menghadirkan di dalam pesawat, tetapi bahkan sebelum keberangkatan sekalipun dengan menghadirkan Chaffeur Drive Service. Layanan ini dapat dinikmati oleh penumpang yang memegang tiket kelas utama dan bisnis yang tersedia di semua rute jarak jauh internasional dan pelayanan ini menyesuaikan dengan batas jarak yang ada.[17]

Oman Air Lounges[sunting | sunting sumber]

Maskapai Oman Air juga menyediakan ruang tunggu eksklusif bagi para penumpang pemegang kelas bisnis hingga utama. Lounges ini tersebar di beberapa kota tujuan yang dilayani oleh Oman Air (Oman Air juga memiliki Lounges di Bangkok). Lounges ini memiliki beberapa fasilitas seperti free Wifi, colokan PC disetiap tempat dan layanan pijat selama 15 menit untuk para penumpang yang memiliki waktu 1 jam sebelum keberangkatan.[18]

Armada Maskapai[sunting | sunting sumber]

Airbus A330-200 Oman Air mendarat di Bandara Internasional Munich, Jerman.
Boeing 737-800 Oman Air lepas landas dari Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji, Mumbai, India.
Embraer E170-200LR Oman Air baru dalam persiapannya menuju pendaratan di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab.

Berikut daftar armada Oman Air:

Armada Oman Air
Pesawat Operasional Pesanan Pilihan Penumpang Keterangan
F B E Total
Airbus A330-200 4 0 20 196 216
Airbus A330-300 6 6 20 204 230
Boeing 737-700 1 0 12 102 114
Boeing 737-800 23 2 0 12 150 162
Boeing 737-900ER 5 5 0 12 168 180
Boeing 737 MAX 20 TBA
Boeing 787-8 4 6 0 18 249 267
Boeing 787-9 15 8 30 204 242
Boeing 787-10 TBA TBA
Embraer E175 4 12 64 76
Total 30 21 5

Referensi[sunting | sunting sumber]