Lompat ke isi

Objeto Zamenhof-Esperanto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Patung dada L. L. Zamenhof di Esperantopark di Wina.
Jalan Zamenhof di Warsawa
Sebuah batu di Sopot memperingati Kongres Esperanto tahun 1927 dan 1959.
Hotel Esperanto Kongress- / Kulturzentrum di Fulda (dibangun tahun 2005).
Bus di Jalan Esperanto di Warsawa

Objek Zamenhof-Esperanto (dalam Esperanto Zamenhof/Esperanto-Objekto, disingkat ZEO) adalah monumen atau tempat yang berhubungan dengan L. L. Zamenhof, pencipta bahasa Esperanto pada tahun 1887, atau komunitas penutur Esperanto.[1]

Jenis objek

[sunting | sunting sumber]

Objek Zamenhof-Esperanto meliputi jalan, monumen peringatan, ruang publik seperti alun-alun, taman, atau jembatan. Nama Zamenhof atau Esperanto juga dapat ditemukan pada bangunan dan perusahaan seperti rumah sakit, hotel, atau agensi penerjemahan. Selain itu, terdapat juga kendaraan seperti zeppelin, kapal, dan kereta api yang dinamai sesuai Zamenhof atau Esperanto. Beberapa spesies, sungai, pulau, asteroid, dan penemuan alam lainnya juga dinamai demikian. Bahkan, perangko atau virus komputer yang memperingati Zamenhof atau Esperanto dianggap sebagai ZEO.

Sejarah objek Zamenhof-Esperanto

[sunting | sunting sumber]

Objek Zamenhof-Esperanto pertama adalah sebuah kapal bernama Esperanto, yang dibangun dan diluncurkan pada tahun 1896. Ensiklopedia Esperanto tahun 1934 mencantumkan sekitar 54 kota yang terkait dengan jenis objek ini. [2]Pada tahun 1997, seorang Esperantis Jerman, Hugo Röllinger, menerbitkan sebuah buku berjudul Monumente pri Esperanto – ilustrita dokumentaro pri 1044 Zamenhof/Esperanto-objektoj en 54 landoj ("Monumental tentang Esperanto – sebuah dokumentasi bergambar tentang 1044 objek Zamenhof-Esperanto di 54 negara") dan hingga kematiannya pada tahun 2001, ia mencatat total 1260 objek tersebut.[3] Dialah yang mencetuskan akronim ZEO. Saat ini, Robert Kamiński dari Polandia adalah orang yang bertanggung jawab atas pendaftaran ZEO oleh Asosiasi Esperanto Universal.[4]

ZEO yang terkenal

[sunting | sunting sumber]

Jumlah ZEO terbanyak per negara terdapat di Brasil. Di Polandia, tempat kelahiran Esperanto, terdapat lebih dari seratus ZEO.

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "Los objetos Zamenhof-Esperanto". Diakses tanggal 26 Januari 2021. 
  2. ^ "Monument Tracker". Monument Tracker. Diakses tanggal 1 Agustus 2024. 
  3. ^ "Gazetaraj Komunikoj N-ro 140 (2001-11-22): Raymond Boré daŭrigas la laboron de Röllinger". Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 Juni 2010. Diakses tanggal 21 Mei 2013. 
  4. ^ "Universala Esperanto-Asocio: Komisionoj kaj komisiitoj". Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Juni 2013. Diakses tanggal 21 Mei 2013. 

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]