Asosiasi Esperanto Sedunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Asosiasi Esperanto Sedunia
Universala Esperanto-Asocio
150px
Logo Asosiasi Esperanto Sedunia
Number of UEA members by country.svg
Anggota perseorangan tiap negara
Singkatan UEA
Tanggal pembentukan 1908 (1908)
Pendiri Hector Hodler
Tujuan mempromosikan penggunaan Esperanto
Kantor pusat Kantor Pusat (Central Office)
Lokasi
Koordinat 51°54′50″LU 4°27′52″BT / 51,9138°LU 4,4644°BT / 51.9138; 4.4644
Wilayah
Dunia
Bahasa resmi
Esperanto
Presiden
Mark Fettes
Wakil Presiden
Stefan MacGill
Direktur Umum
Veronika Poór
Tokoh penting
Ivo Lapenna
Organ utama
Komite Pusat
Afiliasi UN, UNESCO
Situs web uea.org
Kantor Pusat Asosiasi Esperanto Sedunia di Rotterdam

Asosiasi Esperanto Sedunia (UEA; bahasa Esperanto: Universala Esperanto-Asocio), juga dikenal sebagai Asosiasi Esperanto Dunia, adalah organisasi internasional terbesar bagi penutur bahasa Esperanto, dengan 5501 anggota perseorangan di 121 negara dan 9215 anggota yang terdaftar melalui asosiasi-asosiasi nasional (di 2015)[1] dan yang melalui hubungan resmi dengan PBB dan UNESCO. Selain itu, terdapat 70 organisasi Esperanto nasional yang berafiliasi dengan UEA. Presiden saat ini adalah seorang profesor asal Kanada, Mark Fettes. Majalah Esperanto adalah alat utama yang digunakan oleh UEA untuk menginformasikan kepada anggota tentang segala sesuatu yang sedang terjadi dalam komunitas Esperanto di seluruh dunia.

UEA didirikan pada tahun 1908 oleh wartawan asal Swiss, Hector Hodler, bersama kawan-kawannya, dan sekarang berkantor pusat di Rotterdam, Belanda. UEA memiliki kantor perwakilan di Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa di Kota New York.

Struktur dan organisasi terafiliasi[sunting | sunting sumber]

Pertemuan Komitato, bagian tertinggi dari UEA, pada tahun 2008 di Kongres Esperanto Dunia

Menurut Statuta Organisasi tahun 1980 (Statuto de UEA), Asosiasi Esperanto Sedunia memiliki dua jenis anggota:

  • anggota perseorangan yang bergabung dalam asosiasi langsung, membayar biaya keanggotaan ke kantor pusat di Rotterdam atau kepala delegasi di negara mereka. Anggota-anggota tersebut menerima Buku Tahunan UEA dan berhak menerima pelayanan-pelayanan yang disediakan oleh UEA.
  • asociaj membroj, merupakan anggota-anggota dari organisasi-organisasi yang bergabung dengan UEA. Para anggota ini dikelola oleh masing-masing organisasi tersebut. Organisasi tersebut dapat berupa organisasi nasional atau organisasi khusus. Jenis keanggotaan untuk orang tersebut hanya berupa keanggotaan simbolis.

Bagian tertinggi dari UEA, Komitato, memiliki anggota (komitatanoj) yang terpilih melalui tiga cara yang berbeda:

  • Suatu organisasi mengirimkan satu komitatano untuk setiap 1.000 anggota nasional ke Komitato. Apabila anggota kurang dari seribu, dapat mengirimkan satu anggota. Sebagian besar organisasi-organisasi nasional hanya memiliki satu komitatano.
  • Per 1.000 anggota individu, anggota perseorangan dapat memilih salah satu anggota ke Komitato.
  • Kelompok anggota sebelumnya dapat dipilih lagi menjadi komitatanoj, hingga sepertiga dari jumlah mereka.

Komitato memilih dewan yang disebut Estraro. Estraro memiliki direktur umum dan terkadang juga ditambah direktur. Direktur umum dan stafnya bekerja di markas UEA, Oficejo de UEA, di Rotterdam.

Anggota perseorangan dapat menjadi delegito, atau 'perwakilan'. Hal ini berarti bahwa ia berfungsi sebagai narahubung lokal untuk Esperanto dan anggota UEA di kotanya. Seorang ĉefdelegito (ketua perwakilan) adalah seseorang yang ditempatkan juga oleh kantor pusat UEA, tetapi dengan tugas untuk mengumpulkan biaya anggota di suatu negara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ La membraro de UEA en 2015, “Esperanto” 1301, april 2016, p. 94