Ngeluwihi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Ngeluwihi"
Singel oleh Tiara Andini
BahasaBahasa Inggris
Bahasa Jawa
Dirilis5 Januari 2024 (2024-01-05)
FormatUnduhan musik
Direkam2023 (2023)
Genre
Durasi3:27
LabelUniversal Music Indonesia
Komponis musik
Lirikus
  • SYA (bahasa Inggris)
  • Tiara Andini (bahasa Jawa)
Produser
  • Hyuk Shin
  • Chris M Yong
Kronologi singel Tiara Andini
"Glorious the Remix"
(2023)
"Ngeluwihi"
(2024)
"Lagu Pernikahan Kita"
(2024)
Video musik
"Ngeluwihi" di YouTube

"Ngeluwihi" adalah singel oleh penyanyi perempuan Indonesia, Tiara Andini. Lagu ini dirilis pada 5 Januari 2024 melalui perusahaan rekaman Universal Music Indonesia. Dalam lagu kali ini Tiara mengusung konsep yang menggabungkan lirik bahasa Inggris dengan bahasa Jawa. Dalam proses kreatif pembuatan lagu, Tiara kembali bekerja sama dengan produser musik dan pencipta lagu asal Korea Selatan, Hyuk Shin.

Latar belakang dan komposisi[sunting | sunting sumber]

"Ngeluwihi" merupakan lagu solo kedua dari Tiara yang liriknya ditulis dalam bahasa Inggris, setelah lagu "Flip It Up". Namun dalam lagu ini Tiara mengangkat budaya tradisional Indonesia, yakni dengan menyisipkan lirik dalam bahasa Jawa. Judulnya "Ngeluwihi” diambil dari bahasa Jawa yang berarti melebihi. Kata ini dipilih karena Tiara ingin membawa asal-usulnya sebagai perempuan berdarah Jawa ke dalam karyanya.[1]

Dalam penulisan lirik, lirik berbahasa Jawa, Tiara tulis sendiri. Sedangkan lirik berbahasa Inggris dan pembuatan rap digarap oleh SYA–rapper perempuan asal Malaysia. Tiara juga kembali bekerja sama dengan produser musik dan pencipta lagu dari Korea Selatan, Hyuk Shin, yang mana keduanya telah bekerja sama dalam singel "Flip It Up". Hyuk Shin bersama Chris M Yong dari 153/Joombas Music Group bertindak sebagai komposer serta penata musik.[2]

"Ngeluwihi" dikemas dengan genre musik bernuansa pop dengan sentuhan R&B dengan tempo up-beat. Tiara juga kembali menampilkan warna musik K-pop dalam aransemen lagu tersebut.[3] Tiara mengatakan bahwa lagu ini adalah salah satu bagian dari alter ego-nya setelah lagu "Flip It Up", yang mana Tiara kerap dikenal penggemar sering menyanyikan lagu bernuansa pop balada.[4] Lagu tersebut memiliki tempo 134 ketukan per menit. Trek berjalan tiga menit dua puluh tujuh detik dengan kunci A dengan mode minor. "Ngeluwihi" memiliki energi tinggi dengan tanda birama 4 ketukan per bar.[5] Sama dengan "Flip It Up", dalam lagu ini juga menyisipkan bagian bridge serta penambahan unsur rap.

Lirik dan tema[sunting | sunting sumber]

"Ngeluwihi” menceritakan tentang bagaimana seseorang yang diremehkan oleh orang lain pada akhirnya mampu bangkit untuk membuktikan bahwa orang tersebut salah.[6]

Di sini aku mau menyampaikan keluh kesah dari komentar haters yang selalu mau a, mau b, mau c, padahal kenyataannya aku lebih dari itu.—Tiara Andini di Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Januari.

Tiara menegaskan bahwa ia ingin membuktikan diri kepada pembenci bahwa penilaian mereka tidak tepat. Ia yakin dengan kemampuannya yang lebih baik ketimbang apa yang dikatakan pembenci.[7]

Sampul[sunting | sunting sumber]

Sampul singel "Ngeluwihi" kental dengan nuansa Jawa. Tiara memakai pakaian tradisional Jawa-modern hasil kolaborasi antara Jember Fashion Carnaval–dengan Bubah Alfian sebagai pengarahnya, Lisa Ju, Atara Batik, dan Torenda Indonesia. Terdapat pula Gunungan yang ada di pewayangan sebagai latar belakang. Gunungan pada wayang itu berbentuk kerucut dan lancip ke atas yang melambangkan kehidupan manusia.[8]

Promosi dan rilis[sunting | sunting sumber]

Sebelum mengumumkan tanggal perilisan lagu, Tiara sempat mengunggah foto di Instagram yang menampilkan dirinya memakai pakaian tradisional Jawa pada 24 Desember 2023. Hal ini dilanjutkan dengan mengganti layout YouTube-nya dengan aksara Jawa yang bertuliskan judul singel tersebut. Setelah merilis judul lagu, Tiara merilis video teaser berdurasi 17 detik yang menampilkan potongan lagu “Ngeluwihi” pada 3 Januari 2024 di kanal YouTube-nya.[9] "Ngeluwihi" dirilis di seluruh platform digital musik pada 5 Januari 2024 pukul 00.00 WIB bersamaan dengan perilisan video musik.[1]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Video musik "Ngeluwihi" yang dikerjakan oleh EUIS Studio dengan Timo sebagai sutradara. Video musik dikerjakan di dalam ruangan dengan mengusung konsep yang menampilkan kemampuan menari dari Tiara. Dalam video musik Tiara menggunakan baju daerah yang berasal dari Jember Fashion Carnaval. Dalam menyajikan baju tersebut ia bekerja sama dengan Jember Fashion Carnaval, Lisa Ju, Antara Batik dan Torenda Indonesia. Selain membawakan baju adat, Tiara juga membawakan baju modern dengan warna silver bernuansa futuristic.[10] Duo desainer ByAnsoe turut andil dalam pakaian yang dikenakan Tiara dalam musik video tersebut. Sementara, untuk pengarah fesyen keseluruhan, Tiara menggandeng Rikki Simanjuntak.[8] Untuk seluruh aksesoris yang ia kenakan seharga 3 milliar rupiah.[11][12]

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Platform digital musik[sunting | sunting sumber]

Negara Platform Tangga musik Posisi tertinggi Tanggal puncak Ref.
Indonesia Apple Music Lagu Teratas (semua genre) 56 22 Januari 2024 [13]
Lagu Teratas (pop) 41
Lagu Teratas (K-pop) 5 21 Januari 2024
ITunes Lagu Teratas (semua genre) 3 5 Januari 2024
Lagu Teratas (pop) 1
Lagu Teratas (K-pop) 1
Malaysia Lagu Teratas (semua genre) 49
Lagu Teratas (pop) 30
Lagu Teratas (K-pop) 9

Riwayat perilisan[sunting | sunting sumber]

Negara Tanggal Format Label
Beragam 5 Januari 2024 Unduhan musik Universal Music Indonesia

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Media, Kompas Cyber (2024-01-05). "Tiara Andini Angkat Budaya Jawa dalam Lagu Baru Ngeluwihi". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2024-02-15. 
  2. ^ Hayati, Istiqomatul (2024-01-05). "Single Baru Tiara Andini Ngeluwihi Dibuat oleh Produser Musik Justin Bieber, EXO, hingga NCT". Tempo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-15. 
  3. ^ Indonesia, C. N. N. "Tiara Andini Campur Unsur Jawa dan Kpop Lewat Single Ngeluwihi". hiburan. Diakses tanggal 2024-02-13. 
  4. ^ Okezone (2024-01-30). "Alasan Tiara Andini Hadirkan Lagu Genre Berbeda : Okezone Celebrity". Diakses tanggal 2024-02-13. 
  5. ^ "BPM and key for Ngeluwihi by Tiara Andini | Tempo for Ngeluwihi". songbpm.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-15. 
  6. ^ Okezone (2024-01-06). "Makna Lagu Ngeluwihi, Single Terbaru Tiara Andini : Okezone Celebrity". Diakses tanggal 2024-02-15. 
  7. ^ "Pesan Tiara Andini untuk Haters Lewat Lagu Ngeluwihi". VOI - Waktunya Merevolusi Pemberitaan. Diakses tanggal 2024-02-15. 
  8. ^ a b Fimela.com (2024-01-05). "Ngeluwihi, Single Baru Tiara Andini yang Modern dan Angkat Budaya Jawa". fimela.com. Diakses tanggal 2024-02-15. 
  9. ^ Sarana, PT Balarusa Mitra (2024-01-04). "Tiara Andini Bocorkan Single Baru dalam Video 17 Detik". POP HARI INI (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-15. 
  10. ^ "Bernuansa Indonesia, Tiara Andini Selipkan Bahasa dan Adat Jawa dalam Lagu Terbarunya Ngeluwihi". Jawapos. Diakses tanggal 17 Februari 2024. 
  11. ^ "Tiara Andini Habiskan Rp3 Miliar untuk Aksesoris di Video Musik Ngeluwihi". VOI - Waktunya Merevolusi Pemberitaan. Diakses tanggal 2024-02-17. 
  12. ^ "Adegan Cuci Piring di Video Musik Ngeluwihi, Tiara Andini Kenakan Aksesoris Rp3 Miliar". SINDOnews Lifestyle. Diakses tanggal 2024-02-17. 
  13. ^ "Tangga musik untuk "Ngeluwihi" oleh Tiara Andini". app.soundcharts.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Februari 2024.